Preloader
LumbaTech

CCTV No Video? Yuk, Cari Tahu Penyebab dan Solusinya!10 Oct 2023 08:24:49

Sahabat Lumba, pernahkah tampilan video CCTV Sahabat Lumba tiba-tiba hilang? Keadaan yang sering disebut “no video” bisa terjadi karena masalah teknis yang terjadi pada sistem kamera pengawas. Keadaan ini tentu membuat Sahabat Lumba bingung, terlebih apabila baru pertama kali memasang sistem seperti ini.

Tapi Sahabat Lumba tidak perlu khawatir. Sebagai perusahaan padai bidang teknologi sistem keamanan, Lumbatech akan membagikan informasi penyebab dan cara mengatasi tampilan CCTV tidak muncul di monitor.

Karena keamanan menjadi tanggung jawab bersama, maka jangan sampai CCTV Sahabat Lumba mengalami no video, ya.

Masalah Teknis

Masalah teknis merupakan penyebab no video pada CCTV yang paling umum. Beberapa masalah teknis yang bisa menyebabkan tampilan CCTV hilang antara lain:

1. Kamera CCTV Rusak atau Mati

Alasan mengapa CCTV no video dapat disebabkan kamera rusak atau dalam keadaan mati. Saat kamera tidak beroperasi, tentu video tidak akan muncul di monitor karena kamera tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika Sahabat Lumba mengalami masalah ini, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa kondisi kamera CCTV tersebut. Jika kamera masih dapat diperbaiki, Sahabat Lumba dapat menghubungi teknisi untuk memperbaikinya. Jika kamera sudah tidak dapat diperbaiki, Sahabat Lumba perlu pertimbangkan penggantian kamera.

Apabila kamera CCTV masih memiliki garansi Sahabat Lumba dapat menghubungi toko atau distributor tempat Sahabat Lumba membeli CCTV untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

2. DVR atau NVR Mengalami Kerusakan

Selain kamera, CCTV no video juga disebabkan karena masalah pada DVR atau NVR. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Seperti tegangan arus listrik yang tidak stabil. Ini bisa menghambat kinerja DVR atau NVR.

Selain tegangan arus listrik tidak stabil, penyebab CCTV no video yakni kabel data yang putus atau kendor. Hal seperti ini akan mengganggu transmisi data dari kamera ke DVR atau NVR sehingga hasil tangkapan kamera tidak dapat ditampilkan di monitor.

Khusus NVR, pengaturan SSID dan password jaringan yang tidak pas juga menjadi penyebab CCTV no video. Hal tersebut bisa diatasi dengan memeriksa pengaturan jaringan. Agar dapat menampilkan video, pastikan jaringan dalam keadaan terhubung atau connected. Jika jaringan dalam keadaan disconnected, dapat dipastikan rekaman gambar tidak bisa tampil di monitor.

2. Adaptor Mengalami Gagal Fungsi

Adaptor CCTV berfungsi sebagai power source untuk kamera CCTV. Jika adaptor mengalami gagal fungsi, kamera CCTV tidak akan mendapatkan daya, sehingga tidak dapat mengirimkan sinyal video ke DVR atau NVR.

Untuk mengatasi masalah ini, Sahabat Lumba dapat memeriksa kondisi adaptor CCTV dengan menggunakan alat avometer. Jika adaptor masih dapat digunakan, Sahabat Lumba dapat memperbaikinya. Jika adaptor sudah tidak dapat digunakan, Sahabat Lumba perlu menggantinya dengan yang baru.

3. Port Konektor Rusak

Kerusakan pada port bisa menghambat aliran listrik dari adaptor ke kamera. Ini dapat mengganggu pengiriman data dari kamera ke DVR dan dari DVR ke monitor. Jika port mengalami kerusakan, Sahabat Lumba dapat memindahkan konektor ke port DVR yang lain.

Yuk, jadikan sistem keamanan sebagai investasi jangka panjang bersama Lumbatech! Mari dukung pembangunan infrastruktur teknologi keamanan inklusif yang mudah diakses oleh teman disabilitas. Lumbatech berkomitmen melayani Sahabat Lumba dengan sepenuh hati.

Sahabat Lumba membutuhkan bantuan karena CCTV no video? Hubungi Lumbatech di nomor 0811-881-901 untuk bantuan perbaikan oleh teknisi kami..