Preloader
LumbaTech

16 Istilah pada Sistem CCTV yang Perlu Diketahui07 Oct 2023 08:26:21

Lumbatech adalah perusahaan yang berfokus pada teknologi sistem keamanan. Mewujudkan keamanan merupakan tanggung jawab semua orang, termasuk teman-teman dengan disabilitas. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memasang sistem CCTV di berbagai tempat.

Sahabat Lumba perlu mengetahui berbagai istilah dalam sistem CCTV. Hal ini akan sangat membantu Sahabat Lumba dalam memahami fungsi dan cara kerja sistem tersebut. Dengan demikian, sistem yang terpasang dapat berjalan dengan efektif.

Sayangnya, banyak istilah dalam sistem CCTV yang terdengar asing bagi sebagian orang.  Oleh karena itu, kami membuat glosarium ini untuk membantu Sahabat Lumba memahami istilah-istilah tersebut. Glosarium ini berisi daftar istilah dan definisi yang terkait dengan CCTV.

Sistem CCTV merupakan alat keamanan menggunakan kamera video untuk memantau area tertentu. Sistem ini digunakan untuk menjaga keamanan, memantau aktivitas rumah, melacak proses produksi di pabrik, dan lain sebagainya.

Berikut 16 Istilah pada Sistem CCTV yang Perlu Sahabat Lumba Ketahui

1. Angle of View (Sudut Pandang Kamera)

Angle of View kamera CCTV menentukan area yang dapat direkam oleh kamera. Kamera dengan sudut pandang lebar dapat merekam area yang lebih luas, sedangkan kamera dengan sudut pandang sempit dapat merekam area yang lebih sempit.

2. Day/Night Camera

Kamera ini tidak memiliki kemampuan inframerah, tetapi tetap dapat menangkap gambar dan rekaman yang memadai dalam kondisi cahaya rendah. Hal ini dimungkinkan karena sensor yang sangat sensitif yang terpasang di kamera.

3. DVR (Digital Video Recorder)

Istilah umum untuk perangkat yang menerima sinyal video dari kamera CCTV atau sistem CCTV, lalu mengubah, mengompresi, dan menyimpannya ke hard drive.

4. Balun

Balun adalah perangkat yang mengubah unbalanced signal menjadi balanced signal sehingga dapat ditransmisikan melalui kabel unshielded twisted pair, bukan kabel coaxial.

5. Bandwidth

Bandwidth adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kecepatan transfer data melalui jaringan. Semakin tinggi bandwidth, semakin cepat data dapat ditransfer. Kecepatan ini biasanya diukur dalam bit per detik (bit per second).

6. Cat 5/6 Cable

Kabel yang biasa dipakai dalam sistem CCTV IP. Kabel CAT 5 dan 6 digunakan untuk mentransfer data dengan kecepatan tinggi. Kabel ini dapat mentransfer informasi hingga lebih dari 100 megabyte per detik.

7. CCTV Camera

Istilah umum untuk perangkat dalam sistem CCTV yang berfungsi untuk menangkap gambar dan video.

8. Contrast

Rentang nilai yang menggambarkan tingkat detail dan kesolidan warna dalam gambar.

9. Infrared Camera

Kamera CCTV ini dapat merekam rekaman video berkualitas, bahkan dalam kondisi tidak ada cahaya. Hal ini dimungkinkan karena lampu inframerah yang mengelilingi lensa kamera.

10. Ingress Protection Rating (IP Rating)

Ingress Protection Rating (IP Rating) adalah standar internasional yang digunakan untuk mengukur tingkat perlindungan perangkat elektronik dari debu dan air. Semakin tinggi IP Rating, semakin baik perlindungan yang diberikan. CCTV yang dipasang di luar ruangan membutuhkan IP Rating yang lebih tinggi untuk melindunginya dari debu dan hujan.

11. IP Camera

Kamera CCTV yang dirancang untuk merekam dan mengirimkan rekaman video dalam format umum (seperti MPEG 4) ke NVR (Network Video Recorder) melalui koneksi kabel Ethernet.

12. Lux

Lux adalah satuan pencahayaan yang digunakan untuk mengukur seberapa efektif kamera mengumpulkan cahaya. Kamera CCTV dengan nilai lux yang lebih rendah beroperasi lebih baik dalam kondisi cahaya rendah daripada kamera dengan nilai yang lebih tinggi.

13. Motion Detection (Deteksi Gerakan)

Fitur motion detection pada kamera CCTV memungkinkan kamera untuk mulai merekam rekaman ketika tingkat gerakan tertentu terdeteksi. Aktivasi kamera CCTV juga dapat memicu aktivasi alarm, lampu keamanan, perangkat kontrol akses, dan peralatan keamanan lainnya.

Fitur motion detection pada DVR atau NVR memungkinkan Anda untuk membuat zona deteksi gerakan dan kecepatan pra-definisi, serta respons pra-definisi yang harus diambil jika parameter tersebut terpenuhi dan/atau terlampaui.

14. NVR (Network Video Recorder)

Hardware yang menerima rekaman video dari IP Camera, lalu merekam dan menyimpannya. Karena perangkat ini dapat diakses melalui IP, komputer manapun di jaringan tersebut dapat mengakses rekaman, asalkan memiliki kredensial yang diperlukan.

15. Pan dan Tilt

Pan adalah gerakan kamera CCTV yang dapat berputar ke kiri dan kanan. Tilt adalah gerakan kamera CCTV yang dapat naik dan turun.

16. Power over Ethernet (PoE)

PoE adalah teknologi yang memungkinkan perangkat CCTV mendapatkan daya melalui kabel Ethernet. Teknologi ini dapat membuat jaringan lebih mudah dipasang dan mengurangi biaya pemasangan kabel.

Demikianlah 16 istilah umum dalam bidang sistem kamera CCTV. Semoga informasi ini dapat membantu Sahabat Lumba dalam memilih produk dan melakukan pemeliharaan kamera CCTV, ya.

Hubungi Lumbatech melalui nomor 0811-881-901 atau kunjungi situs web kami di lumbatech.com/hubungikami untuk konsultasi dan pembelian produk, serta instalasi sistem CCTV.