Preloader
LumbaTech

Guiding Block: Fasilitas Penting bagi Keamanan Teman Netra06 Oct 2023 10:04:14

“Wah, aku sering banget nyemplung ke got saat jalan kaki. Padahal sudah di trotoar” tutur Kak Ignasius Wijaya sebagai penyandang disabilitas netra yang berdomisili di Jakarta

Seharusnya sistem keamanan adalah tanggung jawab semua orang. Untuk itu, keamanan harus bersifat inklusif.  Inklusif ini berarti melibatkan semua pihak termasuk teman-teman disabilitas, termasuk teman netra yang seharusnya mendapatkan akses pejalan kaki yang nyaman dan aman.

Sebagaimana yang Sahabat Lumba ketahui, Lumbatech adalah perusahaan yang berfokus pada teknologi sistem keamanan. Namun, teknologi sistem keamanan saja tidak cukup untuk menjaga keamanan.

Diperlukan beberapa hal lain agar kita dapat bersinergi dengan pemerintah maupun swasta, baik sebagai investor, kontraktor dan lainnya salah satu yang perlu diperhatikan adalah pemasangan guiding block.

Apakah Sahabat Lumba sudah mengetahui guiding block? Jika belum, Lumbatech akan membahasnya dalam artikel ini.

Apa Itu Guiding Block

Guiding block adalah ubin pemandu yang terbuat dari beton atau bahan lain berwarna kuning, yang membantu teman netra saat berjalan di luar. Fasilitas ini sudah banyak dipasang di berbagai kota-kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota lainnya.

Guiding block banyak ditempatkan di trotoar di jalan raya untuk mengarahkan teman netra berjalan. Pemasangan ubin pemandu ini sangat penting untuk memberikan fasilitas inklusif bagi para teman netra, agar mereka dapat berjalan dengan aman dan nyaman.

Keberadaan guiding block di Indonesia telah diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 14/PRT/M/2017 Tahun 2017 tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung, pasal 15.

Jenis-jenis Guiding Block

Guiding block memiliki dua jenis pola, yaitu dengan garis-garis lurus dan bulatan kecil.

Guiding block dengan garis-garis lurus atau Line Type, berarti boleh berjalan. Pola ini mengisyaratkan teman netra bahwa mereka tetap dapat berjalan di jalur guiding block tersebut.

Sementara itu, guiding block dengan pola bulatan kecil bermakna berhenti. Pola ini memandu teman netra untuk berhenti melangkah atau memperingatkan terhadap perubahan keadaan jalan.

Fungsi Guiding Block

Guiding block memiliki beberapa fungsi, yaitu:

Membantu Teman Netra untuk Berjalan dengan Aman dan Nyaman

Guiding block dapat membantu teman netra untuk mengenali arah dan lokasi. Teman netra punya hak yang sama seperti masyarakat umumnya. Sehingga membantu teman netra untuk berjalan dengan aman dan nyaman.

Guiding block menjadi sinyal dan penanda untuk teman netra untuk berjalan dan berhenti pada waktu yang tepat.

Membantu Teman Netra untuk Mengenali Arah

Teman netra dapat berjalan tanpa perlu takut tersasar berkat panduan dari guiding block. Ubin pemandu ini biasanya terpasang pada posisi yang sudah diperhitungkan dengan panjang jalan. Teman netra juga dapat mengenali keadaan jalan berdasarkan pola-pola yang ada.

Menambah Nilai Estetika Fasilitas Umum

Selain itu, guiding block dapat mempercantik tampilan fasilitas umum di sebuah kota. Dengan demikian, fasilitas ini dapat menjadi nilai lebih yaitu kota tersebut peduli bagi kebutuhan warganya yang menjadi teman netra.

Pentingnya Guiding Block bagi Teman Netra

Dengan adanya guiding block, teman netra dapat lebih percaya diri untuk bepergian dan melakukan aktivitas sehari-hari secara mandiri. Selain itu, dengan adanya guiding block, teman netra dapat memiliki akses yang lebih luas ke tempat-tempat umum, seperti sekolah, stasiun kereta, terminal bus, tempat kerja, dan tempat hiburan.

Terakhir, guiding block menjadi fasilitas penting yang membantu teman netra untuk menjalani kehidupan yang lebih mandiri dan berkualitas. Oleh karena demikian, fasilitas ini dibutuhkan kesadaran untuk tidak mengganggu jalur guiding block.

Yuk, jadikan sistem keamanan sebagai investasi jangka panjang bersama Lumbatech! Mari dukung pembangunan infrastruktur teknologi keamanan inklusif yang mudah diakses oleh teman disabilitas.

Hubungi Lumbatech sekarang melalui nomor 0811-881-901 atau kunjungi situs web kami di lumbatech.com/hubungi-kami untuk konsultasi, pembelian, dan instalasi teknologi sistem keamanan