Preloader
LumbaTech

Bikers, 5 Poin Penting Ini Wajib Diingat Sebelum Berkendara Supaya Aman!30 Sep 2023 00:59:23

Berkendara dengan sepeda motor merupakan aktivitas yang menyenangkan, namun juga memiliki risiko yang tinggi. Salah satu cara untuk mengurangi risiko kecelakaan adalah dengan menggunakan perlengkapan berkendara.

Beberapa perlengkapan ini pun harus dipakai saat berkendara. Baik itu perjalanan jarak dekat maupun perjalanan jarak jauh. Karena bagaimanapun, keselamatan pengendara adalah prioritas dari segalanya.

Meskipun jarak dekat, perlengkapan berkendara tidak boleh terlupa. Sebab ini berfungsi untuk melindungi pengendara motor dari cedera jika terjadi kecelakaan.

Helm SNI

Helm adalah aksesoris berkendara motor yang wajib dipakai.  Benda yang satu ini berfungsi untuk melindungi kepala selama mengendarai motor di jalan raya. Tidak memakai helm bisa ditilang oleh polisi karena hal itu termasuk dalam pelanggaran lalu lintas.

Penggunaan helm diperuntukkan untuk menjaga keselamatan diri sendiri. Sehingga saat mengalami hal-hal tak terduga selama di jalan seperti terpeleset, tergelincir atau jatuh, kepala dapat terhindar dari benturan pada aspal maupun benda keras yang ada di jalan.

Oleh karena itu, Sahabat Lumba wajib menggunakan helm yang sesuai dengan standar keamanan. Pastikan juga helm yang dipakai sudah SNI, sebab helm seperti ini sudah memiliki build quality yang baik sehingga tidak mudah pecah dan tahan benturan.

Sepatu Safety

Selain helm, sepatu menjadi hal yang tidak boleh terlupa saat berkendara sepeda motor. Sepatu menjaga kaki agar terhindar dari gesekan keras dan benturan. Sepatu safety yang kuat juga melindungi jari-jari kaki dari cedera serius. Pilihlah sepatu yang terbuat dari bahan kokoh dan memiliki sol yang anti slip. 

Jaket Lengan Panjang

Jangan lupa pakai jaket lengan panjang saat berkendara. Jaket lengan panjang berfungsi untuk melindungi tubuh bikers dari udara dingin, angin, dan benturan dengan aspal. Pilihlah jaket yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan air.

Selain itu, Sahabat Lumba perlu membawa perlengkapan lain seperti jas hujan. Terlebih jika Sahabat Lumba berkendara di musim penghujan. Selalu siapkan perlengkapan tersebut agar Sahabat Lumba tak perlu khawatir saat tiba-tiba turun hujan di tengah perjalanan.

Sarung Tangan

Selanjutnya, sarung tangan. Perlengkapan berkendara motor satu ini berfungsi untuk melindungi tangan Sahabat Lumba dari angin, hujan, dan benturan. Pilihlah sarung tangan yang terbuat dari bahan yang nyaman dan memiliki grip yang baik.

Ingat, satu hal lagi yang sangat penting: izin orang tua. Sebelum tancap gas, minta izin kepada orang tua dengan bijak. Pilih waktu yang tepat dan bicaralah terbuka agar mereka merasa percaya. Ini adalah langkah penting menuju keamanan dan tanggung jawab.

Jadi, itu dia 5 hal yang harus kamu perhatikan sebelum berkendara motor di jalanan. Selalu prioritaskan keselamatan, baik untuk dirimu maupun pengendara lainnya. Jadilah pengendara yang bertanggung jawab dan patuh pada rambu lalu lintas. Ingatlah, motor bisa diganti, tetapi nyawa manusia tidak bisa!

Yuk, bagikan informasi ini di media sosial, Sahabat Lumba! Kita semua ingin tetap aman dan merasakan berkendara motor tanpa khawatir. Selalu berkendara dengan cerdas dan aman!