Preloader
LumbaTech

Bagaimana Fluke Network Cable Test Bekerja?10 Aug 2023 17:12:46

Dalam instalasi sistem akses kontrol, penting sekali memastikan bahwa jaringan kabel yang telah terpasang berfungsi dengan baik, karena koneksi kabel yang andal menjadi kunci dari keandalan sistem kontrol akses. Jika menggunakan kabel yang kurang berkualitas, sistem kontrol akses dapat mengalami kendala dalam operasinya. Oleh karena itu, langkah pengujian kabel pada sistem kontrol akses menjadi tahap yang krusial sebelum digunakan oleh pengguna.

Salah satu pengujian kabel yang selalu Lumbatech gunakan saat mengerjakan instalasi sistem akses kontrol ialah Network Cable Test yang menggunakan perangkat buatan Fluke Networks. Dalam artikel ini, Lumbatech akan membahas lebih detail tentang Network Cable Test menggunakan perangkat dari Fluke Networks.

Apa Itu Fluke Network Cable Test?

Fluke Network Cable Test merujuk pada pengujian kabel jaringan dengan menggunakan perangkat Fluke Network CableAnalyzer, sebuah produk yang berasal dari perusahaan Fluke dari Amerika Serikat. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk mengevaluasi kelayakan instalasi jaringan kabel ethernet sebelum diserahkan kepada pengguna akhir. Secara garis besar, pengujian ini akan menunjukkan apakah jaringan tersebut dinyatakan berhasil (PASS) atau tidak (FAIL). Jika dinyatakan PASS, ini mengindikasikan bahwa tidak ada lagi masalah dalam jaringan tersebut, sedangkan jika dinyatakan FAIL, maka jaringan kabel terindikasi bermasalah.

Fluke Network Cable Test sering digunakan dalam proyek pemasangan kabel atau pekerjaan pemecahan masalah di berbagai lokasi seperti pabrik, gudang, pusat data, kantor pemerintah, rumah sakit, dan tempat lainnya. Pengujian ini terkenal dengan hasil yang akurat dan dapat diandalkan. Fluke Network Cable Test yang biasanya dilakukan oleh Lumbatech menggunakan perangkat Fluke Networks DSX-Series karena produk ini memiliki kualitas yang tinggi.

Bagaimana Cara Kerja Fluke Network Cable Test?

Pengujian kabel jaringan menggunakan Fluke Network Cable Test melibatkan beberapa langkah berikut. Ujung kabel dipasangkan dengan perangkat penguji. Ujung pertama terhubung ke perangkat Main dan ujung lainnya terhubung ke perangkat Remote. Sinyal akan merambat melalui kabel dari perangkat Main menuju perangkat Remote, dan kembali lagi ke Main. Perangkat pengujian akan mendapatkan data hasil pengujian kabel. Data tersebut perlu diolah menggunakan perangkat lunak khusus bernama LinkWare sebelum hasil pengujian dapat diperoleh.

Parameter Apa yang Dites Menggunakan Fluke Network Cable Test

Ada beberapa parameter yang dapat diujikan dalam Fluke Network Cable Test di antaranya:

- Wiremap

Parameter ini untuk mengidentifikasi masalah-masalah pada kabel yang sifatnya fisik, contohnya: instalasi socket pada ujung kabel, korsleting pada kabel, dan lain sebagainya.

- Propagation Delay

Berapa lama waktu pengiriman sinyal dari ujung kabel ke ujung kabel yang lain, yang diukur dalam satuan milidetik, nanodetik, atau pikodetik.

- Delay Skew

Perbedaan Propagation Delay antara hasil tercepat dan terlambat, biasanya berkisar antara 25 sampai 30 nanodetik dalam kabel sepanjang 100 meter.

- Insertion Loss

Parameter ini mengindikasikan jumlah sinyal yang hilang pada akhir sebuah jaringan. Parameter ini biasanya dinyatakan dalam satuan dB dengan tanda negatif (-). Semakin panjang frekuensi dan kabel, nilai hasilnya juga akan semakin besar.

- Return Loss

Parameter ini mengindikasikan jumlah sinyal yang kembali ke pengirim. Jumlah sinyal kembali ditentukan dengan perbedaan antara impedance kabel atau konektor, yang mana biasanya disebabkan oleh kegagalan konektor atau peregangan kabel yang berlebihan.

- Near End Cross Talk (NEXT)

NEXT menunjukkan sepasang signal output pada return signal dari pasangan yang lain.

- Power Sum NEXT (PSNEXT)

Jumlah dari tiga pasang pada pasangan PSNEXT lainnya.

- The Equal-Level Far-End Crosstalk (ELFEXT)

Nilai FEXT adalah akhir dari setiap jaringan. Pada praktiknya, FEXT sangat mirip dengan NEXT kecuali bahwa ini terjadi di ujung kabel pada sisi penerima.

- Power Sum ELFEXT

Parameter ini adalah jumlah dari nilai FEXT tiga pairs pada pair yang lain.

- Attenuation-to-Crosstalk ratio (ACR)

Perbedaan antara signal loss dan NEXT, yang diukur dalam satuan dB. ACR mengindikasikan loss pada kekuatan sinyal dibandingkan dengan crosstalk pada akhir jaringan.

- Power Sum ACR (PSACR)

PSACR mirip dengan ACR, kecuali PSNEXT digunakan untuk testing.

- DC Loop Resistance

Resistensi terhadap sepasang loop di ujung kabel biasanya dipengaruhi oleh impedance, parameter ini biasanya memiliki dampak yang lebih kecil daripada Insertion Loss, tetapi dalam kasus tertentu, ini memainkan peran penting, misalnya saat menggunakan Power over Ethernet (PoE).

Manfaat dari Fluke Network Cable Test

Fluke Network Cable Test berkontribusi dalam mengurangi biaya maintenance. Dengan menggunakan Fluke Network Cable Test, para teknisi dapat dengan cepat mengidentifikasi potensi masalah dalam jaringan dan memperbaikinya sebelum semakin parah, menghindari biaya perbaikan yang tinggi. Semua ini tentunya memberikan manfaat yang signifikan bagi pengguna yang mengandalkan jaringan ethernet dalam menjalankan aktivitas mereka.

Fluke Network Cable Test berkontribusi dalam mengurangi biaya maintenance. Dengan menggunakan Fluke Network Cable Test, para teknisi dapat dengan cepat mengidentifikasi potensi masalah dalam jaringan dan memperbaikinya sebelum memburuk, menghindari perbaikan yang mahal. Fluke Network Cable Test berperan dalam mengurangi waktu downtime dan mempercepat pemulihan jaringan. Semua ini memberikan manfaat besar bagi pengguna yang mengandalkan jaringan ethernet untuk aktivitas mereka.

LumbaTech menyediakan jasa Fluke Network Cable Test untuk berbagai kebutuhan. LumbaTech selalu berkomitmen untuk memastikan bahwa produk dan jasa yang LumbaTech sediakan dapat digunakan dengan nyaman oleh semua kalangan, termasuk disabilitas.

Untuk informasi lebih lanjut, Sahabat Lumba dapat menghubungi bagian pemasaran LumbaTech melalui nomor WA 0811 880 901. Kami berkomitmen bahwa Sahabat Lumba yang membeli produk sistem keamanan dari LumbaTech akan mendapatkan produk asli, berkualitas, handal, serta pelayanan purna jual yang baik.