Preloader
LumbaTech

Tingkatkan Keamanan dengan Teknologi Computer Vision08 Aug 2023 18:10:15

Dewasa ini, Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah berkembang menjadi teknologi yang dipakai di dalam sistem keamanan untuk menggantikan tugas manusia dalam menjaga keamanan. Salah satu ranah di bidang kecerdasan buatan yaitu computer vision sudah banyak terpasang di berbagai jenis perangkat sistem keamanan.

Artikel ini akan membahas tentang computer vision, bagaimana computer vision bekerja, dan contoh penggunaannya dalam sistem keamanan. Sahabat Lumba, yuk kita bahas.

Apa Itu Computer Vision?

Computer vision adalah salah satu ranah Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan yang membuat komputer dan sistem untuk mendapatkan berbagai informasi dengan mengolah dan menganalisis gambar dan video untuk mengenali pola, objek, dan informasi di dalamnya kemudian mengeluarkan saran atau mengambil tindakan berdasarkan informasi tersebut. Ibarat manusia, AI berperan sebagai otak dan computer vision membuat komputer dapat melihat seperti mata manusia.

Bagaimana Computer Vision Bekerja?

Bersama dengan AI, computer vision dapat membuat sebuah komputer belajar untuk melihat dan memahami sesuatu objek. Jika penglihatan manusia menggunakan mata, jaringan saraf, dan otak, computer vision memanfaatkan kamera, data, dan algoritma untuk menyelesaikan tugas dengan lebih cepat. Dapat dibayangkan sebuah sistem yang dilatih untuk, misalnya, mencatat nomor plat kendaraan dan menghitung jumlah kendaraan yang melewati sebuah jalan tol dalam satu menit, yang mana pekerjaan ini tidak mungkin dilakukan oleh manusia sendiri. Secara singkat, computer vision tidak hanya menyamai kemampuan manusia tapi juga mengalahkannya.

Computer vision sangat bergantung dengan banyak data. Melalui analisis berulang, computer vision mempelajari data tersebut dengan saksama hingga dapat membedakan nuance dan akhirnya dapat mengidentifikasi berbagai macam gambar atau objek. Sebagai ilustrasi, saat mengajari komputer untuk mengidentifikasi plat nomor kendaraan, kepolisian harus menyediakan gambar plat nomor kendaraan dan objek-objek yang berhubungan dengan plat nomor kendaraan dalam jumlah yang sangat banyak agar komputer dapat memahami perbedaan secara efektif, yang pada akhirnya komputer dapat mudah mengidentifikasi berbagai plat nomor kendaraan bahkan plat nomor yang fisiknya sudah rusak sekalipun.

Penggunaan Computer Vision dalam Sistem Keamanan

Untuk penggunaan di bidang keamanan, tujuan utama dari computer vision adalah agar pengawasan manusia dapat berjalan secara otomatis. Kemampuan untuk merekam suatu kejadian dan mengubahnya menjadi bentuk digital memberikan peluang untuk mendeteksi ancaman keamanan dengan lebih awal dan lebih awal, mengukur seberapa besar risiko, dan memberikan penilaian keamanan secara real-time.

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan computer vision dalam sistem keamanan:

Pengenalan Kendaraan dan Plat Nomor Kendaraan

Penggunaan computer vision untuk pengenalan kendaraan dan plat nomor kendaraan dapat ditemukan pada kamera pengawas lalu lintas. Kamera ini menggunakan teknologi Automatic Number Plate Recognition (ANPR) atau Pengenalan Plat Nomor Kendaraan Otomatis yang dan fitur pendeteksi jenis kendaraan untuk mengidentifikasi kendaraan dan menghitung jumlah kendaraan yang melewati sebuah jalanan. Cara kerjanya adalah pertama-tama kamera mendeteksi kendaraan dengan kemampuan mendeteksi objek, mengidentifikasi plat nomor dan ciri kendaraan, lalu mencatat plat nomor kendaraan dengan Optical Character Recognition (OCR). Kamera seperti ini biasanya sudah terhubung dengan database plat nomor kendaraan di kepolisian sehingga dapat digunakan untuk melihat status sebuah kendaraan hanya dari plat nomor kendaraannya saja.

Mendeteksi Orang

Sistem pendeteksian orang menggunakan algoritma pendeteksian objek untuk mendeteksi keberadaan orang di dalam rekaman video. Oleh karena itu, fitur utama dari sistem pengawasan video cerdas adalah pendeteksi deteksi otomatis satu orang dan beberapa orang. Sistem pendeteksi orang juga menyertakan analisis kerumunan untuk memperkirakan seberapa padatan sebuah kerumunan orang dan mengevaluasi interaksi objek bergerak dalam adegan ramai dan tidak ramai (misalnya, pada acara besar).

Mendeteksi Objek Berbahaya dan Senjata

Sistem keamanan memiliki kemampuan dalam mendeteksi barang-barang berbahaya seperti senjata tajam, senjata api, atau barang-barang yang tidak diizinkan penggunaannya. Meskipun barang-barang tersebut dapat luput dari pengawasan karena disebabkan oleh faktor-faktor seperti kondisi pencahayaan di lingkungan sekitar, penempatan kamera, keramaian di suatu tempat, dan berbagai faktor lainnya, sistem seperti ini dapat membantu kerja manusia dalam menjaga keamanan dengan lebih efektif sehingga meningkatkan keamanan pada suatu tempat.

Sistem Keamanan Berbasis Biometrik

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh sistem keamanan modern adalah penggunaan biometrik seperti pengenalan wajah, pengenalan retina, dan pemindaian sidik jari. Penerapan teknologi biometrik berperan dalam identifikasi orang secara otomatis. Computer vision dalam sistem ini melakukan tugas-tugas seperti: deteksi orang, pengambilan potongan gambar biometrik secara tepat, dan melakukan pencocokan data biometrik dengan data yang tersimpan dalam database.

Computer vision adalah bagian dari Artificial Intelligence yang memungkinkan komputer mengolah gambar dan video untuk mengenali pola dan objek seperti mata manusia. Computer vision bekerja dengan menggunakan kamera, data, dan algoritma untuk mengenali objek. Ini melibatkan analisis data untuk membedakan nuance dan mengidentifikasi berbagai gambar dan objek. Computer vision digunakan dalam pengawasan keamanan untuk mendeteksi ancaman lebih awal, seperti pengenalan kendaraan, deteksi orang, objek berbahaya, dan biometrik. Ini membantu meningkatkan keamanan dan pengawasan otomatis.

LumbaTech menyediakan solusi sistem keamanan dengan teknologi Artificial Intelligence serta konsultasi dengan untuk mendapatkan solusi sistem keamanan yang sesuai dengan kebutuhan dan situasi di lapangan. LumbaTech selalu berkomitmen untuk memastikan bahwa produk dan jasa yang LumbaTech sediakan dapat digunakan dengan nyaman oleh semua kalangan, termasuk disabilitas.

Untuk informasi lebih lanjut, Sahabat Lumba dapat menghubungi bagian pemasaran LumbaTech melalui nomor WA 0811 880 901. Kami berkomitmen bahwa Sahabat Lumba yang membeli produk sistem keamanan dari LumbaTech akan mendapatkan produk asli, berkualitas, handal, serta pelayanan purna jual yang baik.