Preloader
LumbaTech

Menghadapi Tantangan Keamanan di Bandara dengan Sistem Akses Kontrol Suprema07 Aug 2023 17:29:15

Sistem akses kontrol sudah lama digunakan di bandara-bandara. Namun, pesatnya kemajuan teknologi berimbas pada perkembangan sistem akses kontrol yang semakin hari semakin canggih. Kini, sistem kontrol akses terbaru menawarkan fitur-fitur canggih dan keamanan yang lebih terjamin. Hal ini sangat penting mengingat beberapa bagian di bandara bersifat terbatas dan sensitif. Salah satu produsen sistem akses kontrol yang menyediakan solusi untuk bandara adalah Suprema. 

Solusi sistem akses kontrol dari Suprema adalah sistem berbasis biometrik dan/atau RFID, yang menawarkan keamanan yang lebih andal daripada sistem akses kontrol yang hanya menggunakan kartu RFID. Solusi ini menyediakan semua fitur yang dibutuhkan seperti user management, various zone management, elevator management, dan real-time monitoring.

Artikel ini akan menjelaskan tentang sistem akses kontrol Suprema untuk bandara dan penggunaannya untuk menghadapi tantangan keamanan di bandara.

Fitur-fitur Kunci yang Wajib Ada di Sistem Akses Kontrol Bandara

Sebuah sistem akses kontrol bandara harus dapat melakukan tracking, monitoring, dan identifikasi penumpang dan staf bandara secara efektif. Selain itu, sistem akses kontrol bandara juga harus bisa menjamin kelancaran operasional bandara tanpa mengurangi keamanan. Solusi sistem akses kontrol yang lengkap wajib menyertakan perangkat dan reader biometrik, kartu akses, controller, dan berbagai perangkat pendukung.

Sistem akses kontrol harus memisahkan antara penumpang dan staf bandara agar staf bandara dan penumpang dapat bergerak bebas tanpa menimbulkan risiko keamanan bandara.

Solusi Sistem Akses Kontrol Suprema untuk Bandara

Suprema menyediakan solusi menyediakan solusi akses kontrol yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan operasional bandara. Solusi sistem akses kontrol Suprema terdiri dari berbagai hardware seperti: reader (baik berbasis biometrik, berbasis RFID, atau keduanya), controller, dan berbagai hardware pendukung. Selain itu, Suprema menawarkan software BioStar 2 untuk mengendalikan semua hardware Suprema yang telah dipasang. Software ini juga dapat mencatat seluruh aktivitas penggunaan sistem akses kontrol termasuk absensi sidik jari. Untuk yang terakhir dapat diadakan dengan penambahan modul tambahan berupa modul Time and Attendance untuk keperluan absensi staf bandara, penghitungan jam kerja dan penghitungan upah lembur. Sistem akses kontrol Suprema dapat diintegrasikan dengan sistem keamanan lain untuk menambah keamanan bandara dengan menggunakan API.

Akses Kontrol untuk Staf Bandara

Untuk membedakan antara staf bandara dengan penumpang dapat menggunakan biometrik dan/atau kartu akses. Kedua metode tersebut sudah umum digunakan dalam menyaring siapa saja yang bisa mengakses area-area tertentu di bandara di mana hanya staf bandara saja yang diizinkan masuk ke area tertentu.

Area-area di bandara seperti menara kontrol, landasan, hangar, dan apron adalah area yang hanya boleh dimasuki oleh staf bandara. Reader biometrik dan reader kartu akses dapat dipasang di pintu masuk area tersebut. Tidak hanya itu saja, area yang dapat dipasangi akses kontrol adalah area kargo bandara yang mana untuk melindungi area kargo dari para penyelundup dan teroris.

Beberapa perangkat dan reader Suprema yang dapat dipakai untuk kebutuhan ini contohnya seperti BioEntry R2, XPass D2, BioStation 3, BioLinte N2, BioEntry W2, dan lain sebagainya. Beberapa perangkat seperti controller dan modul dapat dipasang untuk mendukung kerja sistem akses kontrol. Perangkat dan reader tersebut terhubung pada sebuah server yang berisi data biometrik dan/atau kartu akses karyawan yang dikendalikan dengan software BioStar 2.

Akses Kontrol untuk Penumpang

Sistem akses kontrol di bandara dapat mengefisienkan proses check-in hingga boarding ke pesawat. Beberapa perangkat Suprema dengan teknologi canggih dan mutakhir dapat digunakan sebagai komponen untuk mesin check-in mandiri, pos pemeriksaan imigrasi, hingga akses kontrol untuk ruang tunggu penumpang kelas eksekutif.

Saat ini banyak negara telah mengeluarkan e-passport (paspor elektronik) untuk warga negaranya, yang berisi data-data biometrik dari pemegang paspor yang sesuai dengan standar ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional). Saat penumpang berada di pos imigrasi, petugas imigrasi dapat memverifikasi penumpang dengan cepat dan akurat dengan berbagai perangkat pemindai seperti contohnya RealPass-N untuk memindai paspor dan RealScan S60, RealScan-G10, RealScan-D, dan RealScan-FC untuk memindai sidik jari penumpang.

Selain untuk mengontrol akses di bandara, sistem akses kontrol Suprema juga dapat diintegrasikan dengan berbagai sistem keamanan lainnya seperti sistem kamera CCTV, vehicle management, sistem alarm kebakaran, sistem manajemen kendaraan, dan sistem lainnya untuk meningkatkan keamanan area bandara serta kenyamanan dan keselamatan para penumpang dan staf bandara.

Visitor Management

Sistem akses kontrol Suprema dapat berfungsi sebagai visitor management. Ketika ada tamu berkunjung, pihak keamanan bandara dapat meminta pada tamu untuk melakukan registrasi untuk mendapatkan, contohnya, kartu akses atau pengambilan data biometrik, sebagai akses masuk ke area-area terbatas yang ada di bandara.

Pengguna dapat menggunakan perangkat dan reader Suprema untuk mengambil data biometrik atau registrasi kartu akses tamu yang dikendalikan dengan software BioStar 2. Software visitor management system milik pengguna juga dapat terintegrasi dengan software BioStar 2 dengan bantuan API yang sudah disediakan oleh Suprema.

LumbaTech menyediakan solusi, produk, serta jasa instalasi dan setting sistem akses kontrol Suprema untuk kebutuhan di bandara. Sahabat Lumba dapat melakukan konsultasi dengan LumbaTech untuk mendapatkan solusi sistem akses kontrol Suprema sesuai dengan kebutuhan dan situasi di lapangan. LumbaTech selalu berkomitmen untuk memastikan bahwa produk dan jasa yang LumbaTech sediakan dapat digunakan dengan nyaman oleh semua kalangan, termasuk disabilitas.

Untuk informasi lebih lanjut, Sahabat Lumba dapat menghubungi bagian pemasaran LumbaTech melalui nomor WA 0811 880 901. Kami berkomitmen bahwa Sahabat Lumba yang membeli produk sistem keamanan dari LumbaTech akan mendapatkan produk asli, berkualitas, handal, serta pelayanan purna jual yang baik.