Preloader
LumbaTech

Mengoptimalkan Efisiensi Bisnis dengan Wireless Calling System06 Aug 2023 19:01:01

Setiap bisnis membutuhkan sebuah sistem agar dapat berkomunikasi dengan customer-nya secara baik dan efisien. Wireless calling system, kadang disebut juga sebagai wireless paging system, adalah sistem komunikasi yang memungkinkan untuk mengirimkan peringatan atau notifikasi tanpa menggunakan kabel. Wireless calling system umum digunakan di berbagai industri yang berbeda untuk mengefisienkan pelayanan pelanggan.

Sahabat Lumba, artikel ini akan menyajikan tentang apa saja yang Sahabat Lumba perlu ketahui tentang wireless calling system. Yuk, kita simak bersama artikel ini.

Apa Itu Wireless Calling System?

Wireless calling system sebenarnya adalah sistem yang cara kerjanya cukup sederhana. Di dalam sistem tersebut, ada dua komponen penting: transmitter dan receiver yang saling terhubung melalui sinyal radio. Transmitter berperan sebagai "induk" yang mengirimkan pesan ke receiver yang sedang dipegang oleh pelanggan. Sedangkan receiver adalah perangkat untuk menerima sinyal yang dipancarkan oleh transmitter. Receiver bisa hadir dalam bentuk pager atau buzzer. Selain itu, beberapa kasus juga memerlukan repeater sebagai komponen tambahan.

Wireless calling system dapat digunakan di berbagai industri seperti restoran, pelayanan kesehatan, serta perhotelan. Pada industri restoran, customer dapat memanggil waiter tanpa perlu melambaikan tangan. Bagi restoran, sistem ini membantu dalam merespon permintaan customer dengan lebih cepat.

Sementara itu, di sektor pelayanan kesehatan, wireless calling system membantu para dokter dan perawat merespon lebih cepat ketika pasien memanggil mereka, terlebih dalam situasi darurat. Di industri perhotelan, staf hotel dapat memberikan pelayanan lebih baik dengan menggunakan wireless calling system saat tamu hotel membutuhkan pelayanan dari mereka.

Bagaimana Cara Kerja Wireless Calling System Bekerja?

Semua perangkat dalam sistem wireless calling menggunakan sinyal radio, sehingga tidak memerlukan jaringan internet untuk beroperasi. Sistem wireless calling menggunakan setidaknya sebuah transmitter yang memancarkan sinyal radio pada frekuensi tertentu. Baik pager maupun buzzer sudah dilengkapi dengan sebuah receiver bawaan untuk menerima sinyal radio dari transmitter.

Panjang maksimum jangkauan sinyal setiap merek biasanya bervariasi, umumnya antara 60 meter hingga 150 meter. Akan tetapi, jangkauan maksimum ini dapat berkurang saat digunakan di dalam ruangan di mana terdapat penghalang yang dapat mengganggu sinyal dan mengurangi efektivitas receiver seperti tembok, beton, dan logam. Untuk mengatasi masalah ini, terdapat solusi yaitu dengan menggunakan repeater.

Fungsi repeater adalah untuk memperpanjang sinyal radio dari transmitter ke receiver. Sinyal radio tersebut hanya dapat menjangkau jarak tertentu, sehingga jika berada di luar jangkauan sinyal, receiver tidak dapat terhubung dengan transmitter. Repeater sangat berguna dalam penggunaan di dalam ruangan, di mana tembok atau sekat pemisah dapat memperpendek jarak maksimum sinyal radio.

Apa Saja Manfaat Wireless Calling System?

Efisiensi Pelayanan

Seperti yang telah disebutkan, dengan wireless calling system, customer dapat dengan mudah memanggil staf atau waiter tanpa harus kesulitan memanggil mereka. Hal ini membantu mempercepat waktu tanggap dan membuat pelayanan customer menjadi lebih efisien

Pengalaman Customer yang Lebih Baik

Seperti pada poin sebelumnya, wireless calling system dapat meningkatkan pengalaman customer dengan pelayanan yang cepat dan efisien. Sehingga, customer merasa dilayani dengan baik sehingga membuat customer merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Penggunaan yang Mudah

Wireless calling system bisa dipasang dan diatur dengan sangat mudah. Cukup pasang transmitter dengan sumber listrik di area yang diinginkan dan hubungkan dengan penerima, maka sistem siap digunakan.

LumbaTech menyediakan solusi, produk, serta jasa instalasi dan setting wireless calling system untuk restoran, fasilitas kesehatan, hotel dan tempat-tempat lainnya. Sahabat Lumba dapat melakukan konsultasi dengan LumbaTech untuk mendapatkan solusi wireless calling system yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat Lumba. LumbaTech selalu berkomitmen untuk memastikan bahwa produk dan jasa yang LumbaTech sediakan dapat digunakan dengan nyaman oleh semua kalangan, termasuk disabilitas.

Untuk informasi lebih lanjut, Sahabat Lumba dapat menghubungi bagian pemasaran LumbaTech melalui nomor WA 0811 880 901. Kami berkomitmen bahwa Sahabat Lumba yang membeli produk sistem keamanan dari LumbaTech akan mendapatkan produk asli, berkualitas, handal, serta pelayanan purna jual yang baik.