Preloader
LumbaTech

Meningkatkan Efisiensi Restoran dengan Self Service Restaurant Kiosk04 Aug 2023 10:06:49

Teknologi telah mengubah cara kita memesan makanan dan minuman di restoran. Salah satu teknologi yang digunakan dalam hal ini adalah self service restaurant kiosk. Penggunaan teknologi ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi dan pelayanan restoran, serta berpotensi meningkatkan pendapatan bagi restoran tersebut.

Dalam artikel kali ini, Lumbatech akan mengulas tentang self service restaurant kiosk, bagaimana self service restaurant kiosk bekerja, serta manfaat yang akan didapat restoran dengan menggunakan teknologi ini. Sahabat Lumba, yuk kita bahas bersama-sama.

Apa Itu Self Service Restaurant Kiosk?

Seperti yang Sahabat Lumba lihat dari namanya, self service restaurant kiosk memungkinkan customer untuk memesan makanan dan membayarnya sendiri tanpa perlu bertemu langsung dengan kasir. Cara ini memungkinkan customer untuk memesan dan membayar pesanan mereka sendiri.

Self service restaurant kiosk sendiri adalah perangkat dengan layar sentuh, terintegrasi dengan sistem POS restoran, yang memudahkan customer membuat pesanan makanan dan minuman dan membayarnya dengan kartu debit, kartu kredit, ataupun dompet digital. Self service restaurant kiosk membuat proses pemesanan makanan dan minuman menjadi lebih mudah bagi customer dan restoran itu sendiri.

Bagaimana Self Service Restaurant Kiosk Bekerja?

Saat sampai di restoran, customer dapat menggunakan perangkat self service restaurant kiosk yang terhubung dengan sistem POS restoran untuk memilih makanan dan minuman yang tampak pada layar kiosk. Customer dapat memilih makanan dan minuman yang mereka mau, kemudian membayarnya tanpa perlu berhadapan dengan kasir. Setelah itu, pesanan customer akan langsung disampaikan ke dapur dan para juru masak dapat melihat pesanan customer melalui monitor yang ada di dapur. Begitu makanan siap, customer akan dipanggil untuk mengambil pesanan mereka

Sistem seperti ini memudahkan customer dalam melihat status pesanan mereka dan perkiraan waktu kapan pesanan mereka sudah siap, berkat self service restaurant kiosk yang terhubung dengan sistem POS restoran.

Manfaat dari Self Service Restaurant Kiosks

Self service kiosks menawarkan sejumlah manfaat bagi customer dan restoran. Adapun beberapa manfaat utamanya adalah seperti berikut:

1. Self service kiosk mempermudah customer dan pemilik restoran

Customer dapat melakukan pemesanan makanan dan pembayaran pesanan secara lebih mudah dan cepat berkat cara penggunaannya yang sangat mudah. Di sisi lain, restoran memperoleh manfaat dalam hal meningkatkan pelayanan terhadap customer sebab proses pemesanan makanan dilakukan secara otomatis. Restoran tidak perlu mempekerjakan kasir lagi dan mengalihkan karyawan restoran untuk hal-hal lainnya seperti membantu pekerjaan di dapur atau mengantarkan pesanan untuk para customer.

2. Customer dapat memesan apa yang mereka inginkan

Hal ini berarti customer dapat melakukan modifikasi atau menyesuaikan pesanan mereka sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka sendiri. Seperti contoh, mereka dapat memesan makanan dengan takaran garam yang lebih rendah daripada takaran normal tanpa repot-repot menyebutkan ke koki restoran.

3. Self service kiosk mengurangi kesalahan dalam pemesanan

Selama bertahun-tahun, kesalahan pencatatan pesanan merupakan masalah yang ada di setiap restoran di manapun berada, khususnya restoran makanan cepat saji. Hal ini akan mempengaruhi kepuasan customer dan membuat reputasi restoran menjadi kurang baik apabila customer mendapatkan makanan yang tidak sesuai dengan pesanan mereka. Penggunaan self service kiosk memastikan pesanan mereka dibuat dengan tepat dan akurat.

4. Meningkatkan kecepatan layanan

Self service kiosk membuat restoran dapat melayani lebih banyak customer dalam waktu yang lebih singkat daripada menggunakan cara manual. Hal ini akan mengurangi waktu tunggu yang berujung pada peningkatan kepuasan customer. 

5. Sebagai sarana promosi dan up-selling

Restoran dapat menggunakan self service restaurant kiosk untuk menampilkan promosi-promosi yang sedang berjalan dan mendorong customer untuk mencoba menu menu tertentu atau menambahkan item tambahan ke pesanan mereka.

LumbaTech menyediakan solusi self service restaurant kiosk yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan bisnis Sahabat Lumba. Sahabat Lumba dapat berkonsultasi dengan LumbaTech untuk menemukan solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan Sahabat Lumba.

Hubungi bagian pemasaran LumbaTech di nomor WA 0811 880 901 untuk informasi lebih lanjut. Dapatkan produk asli, berkualitas, dan handal serta pelayanan purna jual terbaik. Kami berkomitmen menyediakan sistem keamanan dan jasa yang nyaman digunakan oleh semua, termasuk disabilitas.