Preloader
LumbaTech

Studi Kasus: Cara Kerja Sistem Akses Kontrol Terintegrasi dengan Visitor Management System Perusahaan Melalui Middleware03 Aug 2023 09:52:14

Sistem akses kontrol adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan keamanan gedung perkantoran, sebab itu sudah menjadi prioritas utama bagi setiap perusahaan. Sistem ini sangat efektif dalam mengamankan gedung perkantoran beserta karyawan dan aset-aset di dalamnya. Sistem akses kontrol akan membantu mengontrol akses masuk dan keluar seseorang ke berbagai ruangan di dalam gedung perkantoran.

Perusahaan sangat membutuhkan sistem akses kontrol di gedung perkantoran mereka. Sistem ini bertujuan untuk menjaga dan melindungi karyawan serta aset-aset di dalamnya, dengan cara menentukan siapa saja yang boleh dan tidak boleh masuk ke sebuah ruangan.

Dengan demikian, perusahaan bisa memastikan hanya orang tertentu saja yang bisa masuk ke beberapa ruangan yang berisi hal-hal sensitif seperti ruang arsip, server, dan lain sebagainya. Jadi, memasang sistem akses kontrol akan mengurangi risiko pencurian, kehilangan, kerusakan data serta masuknya orang tidak berizin di area gedung

Salah satu project integrasi akses kontrol yang sedang dikerjakan Lumbatech adalah solusi integrasi sistem akses kontrol dengan visitor management system internal perusahaan di sebuah perusahaan swasta jasa telekomunikasi satelit di Indonesia. Seperti apa solusi integrasi yang ditawarkan Lumbatech dan bagaimana cara kerja dari solusi tersebut? Yuk, simak artikel yang satu ini.

Tujuan Pengerjaan Project

Tujuan yang ingin dicapai dalam pengerjaan project ini adalah peningkatan keamanan area gedung kantor melalui sebuah sistem akses kontrol yang terintegrasi dengan visitor management system milik klien yang sudah terpasang sebelumnya. Untuk tahap awal, mereka berencana memasang sistem akses kontrol terintegrasi dengan visitor management system di kantor mereka yang ada di Jakarta.

Solusi Integrasi yang Ditawarkan LumbaTech

Untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, Lumbatech menyajikan solusi akses kontrol yang meliputi reader dengan perangkat pendukungnya, serta perangkat lunaknya. Ditambah dengan perangkat lunak khusus yang berfungsi sebagai middleware untuk mengintegrasikan sistem akses kontrol dengan visitor management system yang telah terpasang sebelumnya. Middleware berperan sebagai perantara antara sistem yang berbeda, memungkinkan komunikasi dan interaksi di antara keduanya.

Pada sistem akses kontrol ini, Lumbatech menggunakan merek Suprema dari Korea Selatan, yang terdiri dari perangkat Suprema FaceStation F2 beserta aksesoris pendukung. Perangkat lunak yang digunakan adalah Suprema BioStar 2 untuk mengontrol akses dan mengatur izin masuk atau keluar ruangan, serta mencatat aktivitas yang terjadi.

Dengan solusi ini, perusahaan dapat memiliki sistem akses kontrol yang handal dan efisien, memberikan perlindungan maksimal untuk keamanan dan manajemen pengunjung dengan lebih baik. Semua ini dihadirkan dengan teknologi terkini dari merek Suprema, yang telah sudah dikenal kredibel dan performanya yang baik.

Alur Kerja Sistem

Sebelum berkunjung, pengunjung harus melakukan registrasi di dalam visitor management system perusahaan untuk mendapatkan QR code. QR code ini akan di-scan menggunakan perangkat Suprema F2. Setelah itu, sistem akses kontrol akan mengirimkan QR code tersebut ke visitor management system perusahaan melalui bantuan middleware. Visitor management system akan menentukan apakah pengunjung diizinkan masuk atau tidak. Jika diizinkan, visitor management system akan mengirimkan kode One-Time Password (OTP) ke handphone pengunjung yang berlaku dalam rentang waktu yang sudah ditentukan untuk dimasukkan ke sistem melalui perangkat Suprema FaceStation F2, sehingga pengunjung dapat masuk ke area kantor perusahaan tersebut.

Manfaat dari Sistem Akses Kontrol Terintegrasi dengan Visitor Management System melalui Middleware

Sistem akses kontrol yang terintegrasi dengan visitor management system melalui middleware memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan. Middleware berperan sebagai penghubung antara kedua sistem yang berbeda, sehingga keduanya dapat terkoneksi dan beroperasi secara bersamaan. Selain meningkatkan keamanan kantor secara keseluruhan, sistem akses kontrol ini juga memberikan kemampuan untuk mencatat log data kunjungan pengunjung yang masuk maupun keluar dari area kantor.

Sebagai perusahaan system integrator di bidang sistem keamanan, LumbaTech menyediakan solusi integrasi sistem keamanan lainnya untuk berbagai tempat seperti: perkantoran, pergudangan, institusi pendidikan, dan tempat-tempat lainnya. LumbaTech juga menyediakan berbagai perangkat keamanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Sahabat Lumba.. Sahabat Lumba dapat melakukan konsultasi dengan LumbaTech untuk menentukan solusi yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat Lumba.

Hubungi bagian pemasaran LumbaTech di nomor WA 0811 880 901 untuk informasi lebih lanjut. Dapatkan produk asli, berkualitas, dan handal serta pelayanan purna jual terbaik. Kami berkomitmen menyediakan sistem keamanan dan jasa yang nyaman digunakan oleh semua, termasuk disabilitas.