Preloader
LumbaTech

Studi Kasus: Cara Kerja Visitor Management System di Gudang Ekspedisi01 Aug 2023 19:35:31

Keamanan area pergudangan menjadi prioritas utama bagi perusahaan ekspedisi. Salah satu cara untuk mencapai itu ialah menggunakan visitor management system atau VMS. Visitor management system  sendiri adalah sistem dengan tujuan utama mengelola manajemen tamu dengan lebih efisien.

Perusahaan ekspedisi sangat membutuhkan visitor management system di gudang mereka untuk menjaga dan melindungi paket yang akan dikirim ke konsumen dan juga menjamin keamanan para pekerja di dalam gudang. Perusahaan ekspedisi bisa mencatat dan mengatur keluar masuk pengunjung, memastikan hanya orang yang diberi izin saja yang dibolehkan masuk ke area gudang. Jadi, akan mengurangi risiko pencurian, kehilangan, kerusakan paket serta masuknya orang tidak berizin di area gudang.

Salah satu proyek visitor management system yang pernah dikerjakan Lumbatech adalah instalasi visitor management system dan akses kontrol di sebuah area pergudangan dari perusahaan ekspedisi multinasional yang terletak di Bekasi

Latar Belakang Penggunaan Sistem VMS

Nah, kenapa sampai memakai visitor management system? Jadi, sebelum adanya visitor management system dan akses kontrol, ada prosedur keamanan sebelum masuk ke dalam gudang yang dikerjakan secara manual. Prosedur yang dilakukan seperti memeriksa suhu tubuh dengan termometer tembak, dilanjut dengan tukar kartu identitas dengan kartu visitor di meja petugas keamanan. Kemudian petugas keamanan akan melakukan body checking sebelum pengunjung masuk ke dalam gudang.

Namun, prosedur seperti itu dianggap kurang efisien dan memakan waktu sebab petugas keamanan harus memeriksa ratusan orang secara manual. Oleh sebab itu, perusahaan ekspedisi memasang visitor management sistem yang terintegrasi dengan akses kontrol supaya proses keluar masuk tamu dan karyawan di area gudang dapat berjalan lebih tertib dan efisien tanpa mengorbankan keamanan gudang itu sendiri.

Solusi yang Dipilih Perusahaan

Perusahaan ini memilih menggunakan solusi berupa aplikasi sistem VMS dan akses kontrol berbasis web terintegrasi yang diinstal pada PC server dan PC client. Sistem VMS dan akses kontrol terdiri dari sebuah software VMS dan akses kontrol serta berbagai hardware pendukung seperti PC server dan PC client, face recognition device dengan modul pendeteksi suhu tubuh, turnstile gate, dan juga walk through metal detector.

Kemudian, bagaimana sistem VMS dan akses kontrol bekerja? Prinsip utamanya, sistem akan memberikan akses masuk kepada orang yang identitas dan wajahnya sudah terdaftar dalam database sistem dan suhu tubuh di bawah 37oC.

Ketika seorang pengunjung tiba di area gudang, petugas keamanan akan mencatat tujuan kedatangan dan identitas pengunjung. Petugas keamanan akan memfoto wajah untuk didaftarkan ke dalam database. Sebelum memasuki gudang, pengunjung berdiri di depan perangkat pengenalan wajah untuk memverifikasi identitas, sementara modul pendeteksi suhu tubuh akan menampilkan suhu badan. Setelah verifikasi berhasil, sistem akan memberikan perintah pada turnstile gate untuk terbuka sehingga orang dapat melewatinya untuk masuk ke dalam gudang. Selain itu, terdapat juga walkthrough metal detector yang berfungsi untuk mendeteksi kemungkinan benda logam pada siapapun yang masuk dan keluar gudang.

Manfaat dari Sistem Visitor Management System yang Terintegrasi dengan Akses Kontrol

Visitor management system dengan akses kontrol memberikan kemudahan bagi petugas keamanan. Dengan sistem ini, aktivitas keluar masuk pengunjung dan karyawan dapat dilacak dengan lebih mudah. Selain itu, perusahaan dapat mengambil data yang terekam untuk mengetahui durasi kerja setiap karyawan dan membantu dalam penghitungan upah lembur karyawan.

Sebagai perusahaan di bidang sistem keamanan, LumbaTech menyediakan solusi visitor management system dan solusi keamanan lainnya untuk berbagai tempat seperti: perkantoran, pergudangan, institusi pendidikan, dan tempat-tempat lainnya. LumbaTech juga melayani integrasi sistem keamanan yang sudah terpasang. Sahabat Lumba dapat melakukan konsultasi dengan LumbaTech untuk menentukan solusi yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat Lumba.

Hubungi bagian pemasaran LumbaTech di nomor WA 0811 880 901 untuk informasi lebih lanjut. Dapatkan produk asli, berkualitas, dan handal serta pelayanan purna jual terbaik. Kami berkomitmen menyediakan sistem keamanan dan jasa yang nyaman digunakan oleh semua, termasuk disabilitas.