Preloader
LumbaTech

Kebakaran di K-Link Tower, Pelajaran Apa yang Bisa Kita Dapatkan?28 Jul 2023 09:58:28

Gedung K-Link Tower dilanda kebakaran yang menghebohkan. Peristiwa ini terjadi pada hari Sabtu, 15 Juli 2023. Gedung K-Link Tower, yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Selatan, dilaporkan mengalami kebakaran sekitar pukul 10.00 pagi. Api dengan cepat merambat dari lantai 7 hingga mencapai instalasi layar video atau videotron, yang berada di sisi luar gedung, yang berada di lantai 10.

Dalam menanggulangi kebakaran tersebut, tim pemadam mengerahkan 22 mobil pemadam dengan 115 petugas. Api dapat dikendalikan pukul 11.00 dan tim selesai beroperasi pada pukul 12.00.

Momen kebakaran ini direkam dalam sejumlah video dan foto yang tersebar luas di media sosial. Dalam berbagai video dan foto yang beredar, terlihat bagaimana api menjalar dengan cepat dari lantai 7 menuju sisi luar gedung, yang menyebabkan terbentuknya kepulan asap hitam yang tebal. Insiden kebakaran ini menyebabkan tiga orang mengalami luka bakar dan empat orang mengalami sesak napas. Bahkan, peristiwa kebakaran ini mengakibatkan acara resepsi yang sedang berlangsung di gedung tersebut harus dihentikan.

Beberapa saksi mata mengatakan bahwa bunyi alarm kebakaran tidak begitu terdengar dengan jelas.

Pelajaran Apa yang Bisa Kita Dapatkan dari Peristiwa Kebakaran Tersebut?

Kebakaran dapat terjadi di berbagai tempat. Namun, apabila terjadi di gedung-gedung pencakar langit, kebakaran akan menjadi sangat berbahaya, bahkan berpotensi mematikan, karena api dapat menyebar dengan cepat. Struktur bangunan yang tinggi dan koridor yang sempit dapat mempersulit proses evakuasi bagi penghuni gedung tersebut.

Memiliki sistem alarm kebakaran adalah salah satu cara untuk meminimalisir dampak dari kebakaran pada gedung pencakar langit. Sistem alarm kebakaran dapat memberikan peringatan para penghuni gedung tentang kebakaran dan memberikan cukup waktu mengevakuasi seluruh penghuni serta memberikan kesempatan memanggil pemadam kebakatan sebelum kobaran api menjadi tidak terkendali.

Sistem alarm kebakaran memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

a. Untuk mendeteksi api

Sistem alarm kebakaran harus dapat mendeteksi kebakaran sejak api mulai berkobar, sehingga alarm akan segera berbunyi, memberi kesempatan kepada penghuni untuk segera dievakuasi, dan memungkinkan petugas pemadam kebakaran datang tepat waktu untuk mengatasi kobaran api tersebut.

b. Untuk memperingatkan penghuni

Sistem alarm kebakaran harus berbunyi dengan keras untuk memperingatkan penghuni tentang adanya kebakaran. Hal ini akan memberikan mereka waktu untuk mengevakuasi gedung dengan aman.

c. Mencegah kobaran api meluas

Sistem alarm kebakarannya dapat terhubung dengan sistem pemadaman api yang akan mengaktifkan alat penyiram dan peredam asap untuk menahan kobaran api, agar tidak merembet ke bagian gedung lainnya.

d. Memberikan kesempatan memanggil pemadam kebakaran sesegera mungkin

Dengan adanya sistem alarm kebakaran, pihak pengelola gedung dapat segera menghubungi pemadam kebakaran ketika kebakaran terjadi. Hal ini akan memungkinkan petugas pemadam kebakaran merespons dengan cepat dan efektif.

e. Mencegah menghirup asap

Menghirup asap saat terjadi kebakaran dapat menyebabkan dampak serius pada kesehatan, bahkan hingga menyebabkan kematian. Asap kebakaran mengandung zat berbahaya yang dapat merusak paru-paru dan organ tubuh lainnya serta mengganggu sistem pernapasan. Alarm yang berbunyi dan proses evakuasi dapat menghindarkan para penghuni dari bahaya paparan asap kebakaran.

Kunci keberhasilan sistem alarm kebakaran terletak pada pemeliharaan yang teratur. Sistem ini memainkan peran penting dalam melindungi keselamatan para penghuni. Agar kinerjanya tetap optimal, inspeksi dan pengujian berkala harus dilakukan agar penghuni dan pengelola gedung dapat siap menghadapi situasi darurat dan merespons dengan cepat jika terjadi kebakaran.

LumbaTech menyediakan solusi sistem alarm kebakaran untuk gedung dan rumah. Sahabat Lumba dapat melakukan konsultasi dengan LumbaTech untuk mendapatkan solusi sistem alarm kebakaran yang sesuai dengan kebutuhan. LumbaTech selalu berkomitmen untuk memastikan bahwa sistem keamanan yang LumbaTech pasang dapat digunakan dengan nyaman oleh semua kalangan, termasuk disabilitas.

Untuk informasi lebih lanjut, Sahabat Lumba dapat menghubungi bagian pemasaran LumbaTech melalui nomor WA 0811 880 901. Kami berkomitmen bahwa Sahabat Lumba yang membeli produk sistem keamanan dari LumbaTech akan mendapatkan produk asli, berkualitas, handal, serta pelayanan purna jual yang baik.