Perbedaan Smart Lock dengan Handle dan Tanpa Handle?14 Jul 2022 13:48:14

Pada saat sekarang yang sudah semakin modern, terdapat banyak perangkat security system yang tersedia di pasaran dengan teknologi yang sangat canggih. Seiring berjalannya waktu, security system mulai menjadi kebutuhan bagi beberapa orang. Kehadiran sebuah security system berperan dalam menjaga keamanan dan sekaligus membantu aparat penegak hukum untuk menjalankan tugasnya.

Perangkat security system terdiri dari bermacam-macam jenisnya. Di pasaran, Sahabat Lumba dapat menemukan penjual perangkat perangkat mulai dari kamera pengawas, alarm, sensor pendeteksi gerakan hingga gate barrier. Di dalam artikel ini, kita akan membahas sebuah perangkat bernama smart lock.

Sahabat Lumba, jika melihat model-model smart lock yang tersedia di pasaran, ada dua model yang bisa Sahabat Lumba pilih. Kedua model tersebut ialah smart lock model dengan handle dengan smart lock model tanpa handle. Mungkin beberapa Sahabat Lumba bertanya. Apa sih yang membedakan dari kedua model smart lock tersebut? Selain itu, apakah semua pintu dapat dipasangi kedua model tersebut? Marilah kita bahas di bawah ini.

Jika Sahabat Lumba membandingkan secara visual, smart lock dengan handle memiliki kemiripan dengan door lock konvensional. Hanya saja di dalam smart lock terdapat semacam sistem elektronik yang  memungkinkan Sahabat Lumba untuk mengunci pintu tanpa harus menggunakan kunci. Ada beberapa metode mengunci yang menjadi fitur sebuah smart lock. Sahabat Lumba dapat mengunci pintu dengan menggunakan sidik jari, Personal Identification Number (PIN), atau menempelkan kartu yang yang sudah didaftarkan pada smart lock tersebut.

Smart lock tanpa handle adalah kebalikannya. Perangkat smart lock tanpa handle hanya memiliki mekanisme pengunci dan sistem elektronik untuk mendaftarkan dan menyimpan sandi serta membuka kunci pada pintu.

Meskipun kedua model mempunyai perbedaan, keduanya tidak berbeda secara fungsi. Kedua model sama-sama dapat mengunci pintu dan dapat dibuka dengan beberapa metode yang telah disebutkan sebelumnya.

Lantas, bagaimana menentukan smart lock yang cocok untuk pintu Sahabat Lumba? Tentunya Sahabat Lumba perlu memperhatikan keadaan pintu Sahabat Lumba yang akan dipasangi smart lock.

Apabila pintu Sahabat Lumba masih polos, belum dilubangi atau belum pernah dipasangi door lock sebelumnya, maka smart lock dengan handle adalah pilihan tepat. Kondisi pintu seperti ini akan mempermudah Sahabat Lumba dalam merencanakan pemasangan smart lock. Posisi dan ketinggian smart lock dapat leluasa ditentukan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Sahabat Lumba. Hal ini akan mempermudah teknisi melakukan instalasi smart lock.

Nah bagaimana dengan pintu yang sudah dipasang door lock sebelumnya? Untuk pintu yang sudah dipasangi door lock manual, Sahabat Lumba dapat memilih smart lock tanpa handle. Mengapa demikian? Sahabat Lumba cukup menambahkan smart lock saja pada pintu sehingga  tidak perlu membongkar door lock yang sudah ada. Cara ini tentu lebih efisien karena Sahabat Lumba tidak perlu membongkar apa yang sudah terpasang di pintu.

Beberapa merk smart lock di Indonesia yang bisa Sahabat Lumba pilih di antaranya Danalock, Samsung Smartlock, Epic, KeyWe, Suprema.

Satu tempat di mana Sahabat Lumba bisa mendapatkan smart lock dengan handle atau tanpa handle adalah Lumbatech. Sahabat Lumba bisa memperoleh produk produk smart lock melalui website resmi Lumbatech dan marketplace marketplace terkemuka.

Lumbatech sudah berpengalaman menjadi distributor dan supplier produk smart lock dari brand-brand ternama dan tentunya sudah bergaransi. Lumbatech juga banyak memasang smart lock di berbagai tempat mulai dari rumah, apartemen, perkantoran, dan lain-lain.