Preloader
LumbaTech

PPKM Level 4 Resmi Diperpanjang27 Jul 2021 16:17:54

Presiden Joko Widodo mengumumamkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 akan diperpanjang hingga tanggal 2 Agustus 2021. Selain PPKM Level 4, beberapa daerah juga diberlakukan PPKM Level 3.

PPKM diperpanjang terbaru ini, pemerintah memberikan beberapa kelonggaran untuk sejumlah usaha, termasuk pedagang kecil.

Dalam aturan PPKM Level 4, usaha-usaha kecil seperti pedagang kaki lima diizinkan untuk tetap buka namun dengan protokol kesehatan yang ketat dan hanya sampai jam tertentu.

Secara spesifik, pedagang makanan seperti warung dan pedagang kaki lima makanan diizinkan buka sampai pukul 20.00. Kemudian pedagang di luar makanan seperti kelontong, agen, binatu, pangkas rambut, cuci mobil, vocher pulsa, asongan, dan sebagainya diizinkan buka sampai pukul 21.00.

Untuk pedagang makanan, pemerintah membolehkan untuk makan di tempat, namun waktunya dibatasi hanya sampai maksimal 20 menit saja. Selain itu, penerapan aturan PPKM Level 4 dan PPKM Level 3 diserahkan kepada pemerintah daerah. 

Selama PPKM Level 4 berlaku, pasar sembako yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan buka seperti biasa dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok bisa buka dengan kapasitas maksimum 50 persen sampai 15.00 waktu setempat. Pengaturan lebih lanjut akan diatur oleh Pemda.

Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan ditutup sementara kecuali akses untuk restoran, supermarket, dan pasar swalayan dapat diperbolehkan dengan memperhatikan ketentuan.

Pemerintah masih melarang operasional pusat perbelanjaan atau mal. Namun, pemerintah memperbolehkan akses untuk pembelian delivery atau take away di restoran serta supermarket yang melayani hal kritikal.

Dalam Inmendagri juga dijelaskan bahwa aturan PPKM Level 4 adalah pemberlakukan pembatasan kegiatan di Jawa dan Bali dan disesuaikan dengan kriteria level situasi pandemi berdasarkan hasil assesment atau penilaian.

Artinya, daerah dengan aturan PPKM Level 3 memiliki beberapa kelonggaran dibandingkan aturan PPKM Level 4.

Itulah beberapa peraturan yang berlaku selama PPKM Level 4 ini. Tetap disiplin dan patuhi protokol Kesehatan ya.

Lumbatech masih melayani pemasangan dan service digital door lock atau pun cctv. Jadi buat kamu yang ingin memasang cctv atau pun digital door lock bisa langsung menghubungi kita.