Preloader
LumbaTech

Tips Membersihkan Karat Pada Barrier Gate23 Jul 2021 15:24:54

Barrier gate atau palang parkir otomatis merupakan alat bantu keamanan yang berfungsi sebagai alat pembatas access keluar/masuk kendaraan ke dalam area parkir/halaman suatu lingkungan gedung atau perusahaan, serta dapat juga difungsikan untuk mengatur traffic flow kendaraan di lingkungan perumahan.

Kebersihan palang parkir otomatis ini harus diperhatikan agar tetap awet dan dapat berfungsi dengan baik. Namun bagaima jika palang parkir otomatis ini terlanjur kotor atau bahkan berkarat? Nah kali ini kami akan membagikan tips membersihkan karat pada barrier gate.

1. Cuka

Cuka putih adalah bahan yang efektif untuk menghilangkan karat dari benda berbahan logam. Kamu dapat menggunakan cuka putih untuk menghilangkan karat secara permanen. Cara menghilangkan karat juga cukup mudah.

Untuk mengatasi benda-benda dengan karat yang signifikan, rendam alat logam mu yang berkarat dalam mangkuk cuka dan biarkan semalaman. Setelah direndam dengan baik, angkat logam dari rendaman cuka dan gosok karat dengan sikat baja atau sikat kawat.

Jika ada beberapa titik karat yang tersisa, ulangi proses dan rendam objek lebih lama. Setelah semua karat dihilangkan, bersihkan dengan sabun dan air dan keringkan sampai bersih.

2. Baking Soda

Bahan untuk cara menghilangkan karat yang berikutnya baking soda. Ketika kamu menggunakannya harus berhati-hati kagar tidak terkena dengan bagian tubuh mu karena bisa mengalami iritasi.

Baking soda bekerja dengan baik pada benda-benda dengan karat ringan atau yang terbuat dari logam tipis.

Cara menghilangkan karat dengan baking soda cukup mencampurkan air dan baking soda hingga membentuk pasta kental dan oleskan pada benda berkarat tersebut menggunakan sabut baja atau sikat gigi.

Kamu mungkin perlu berulang kali menggunakan pasta untuk memperoleh hasil yang maksimal.

3. Lemon dan Garam

Asam dalam lemon adalah pembersih karat alami yang terkenal. Kamu juga akan membutuhkan garam untuk membuatnya bekerja. Teknik ini menggabungkan keasaman lemon dengan abrasivitas garam untuk mengatasi bintik-bintik karat kecil. Tutupi bagian yang berkarat dengan garam lalu peras jus lemon di atas lapisan garam.

Biarkan campuran garam dan lemon selama sekitar dua jam. Gosok objek dengan kulit lemon atau jika bintik-bintiknya membandel, gunakan sikat kawat. Bilas sisa lemon, garam, dan karat, dan keringkan sampai bersih. 

Kamu juga bisa menggunakan jus lemon untuk menghilangkan noda karat dari kain. Taruh jus lemon pada noda karat dan kemudian taburkan krim tartar ke atas jus. Gosokkan larutan dan biarkan di atas sampai noda karat hilang. Beberapa noda mungkin akan sulit hilang, tetapi dengan waktu 15 hingga 30 menit akan bekerja dengan baik menghapus noda tersebut. Bilas dengan air bersih dan rendam air berlebih dengan handuk.

4. Minuman Bersoda

Tak hanya sebagai minuman penyegar, minuman bersoda juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan karat pada besi. Cara menghilangkan karat pada besi dengan minuman soda ini pun sangat mudah.

Kamu hanya perlu menuangkan soda pada sebuah wadah, kemudian rendam benda yang berkarat ke dalam wadah tersebut. Diamkan hingga karat memudar dan hilang sampai bersih. Setelah itu, bersihkan benda yang sudah hilang karatnya dengan kain lap basah agar tidak lengket dan segeralah mengeringkannya dengan kain lap kering.

5. Asam Sitrat

Cara menghilangkan karat yang paling ampuh adalah mengguakan larutan asam. Salah satu larutan asam adalah asam sitrat. Asam sitrat dapat ditemukan di toko makanan kesehatan dan di lorong kue beberapa supermarket. Asam sitrat bekerja ajaib ketika menghilangkan karat.

Campurkan air hangat dengan asam sitrat, rendam benda berkarat selama 30 menit sampai 1 jam. Setelah terendam, karat akan mulai melunak, gosok permukaan benda berkarat dengan sikat atau sabut untuk menghilangkan residu karat. Lakukan berulang jika karat membandel.

Itu lah beberapa tips menghilangkan karat pada barrier gate. Kami menjual barrier gate berkualitas serta menyediakan pelayanan jasa pemasangannya juga. Produk berkualitas dan pelayanan purna jual terbaik hanya ada di Lumbatech.