Preloader
LumbaTech

Tips Merawat CCTV07 Jul 2021 14:10:46

CCTV merupakan salah satu solusi terbaik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan atau pun mencegah tindak kriminalitas dan memudahkan pihak yang berwajib untuk menemukan tersangka dari hasil rekaman CCTV. Namun jika CCTV tersebut tidak dirawat dengan baik, maka tidak dapat berfungsi dengan sempurna.

Maka dari itu setelah memasang perangkat CCTV, ada baiknya kamu mengetahui cara merawat CCTV agar tidak mudah rusak. Berikut adalah cara merawat CCTV dengan benar.

Jagalah Kebersihannya

Kebersihan menjadi salah satu faktor penting dari awet dan tidaknya CCTV. Dimulai dari lensa kamera, Housing, Drive Unit, DVR, Monitor dan semua yang berhubungan dengan CCTV jangan biarkan kotor dan penuh debu. Karena jika ada debu dan kotoran akan menyebabkan kinerja sistem CCTV menjadi tidak sempurna misalnya gambar CCTV menjadi buram dan bahkan cepat membuat kerusakan.

Cek Komponen CCTV Secara Berkala

komponen CCTV seperti kabel dan koneksi harus selalu dicek, Jangan sampai ada yang tidak terhubung. Sama halnya dengan posisi CCTV juga harus diperiksa. Jangan sampai target kamera tidak tepat . Periksa penyanggah CCTV nya dan hal-hal lain yang mendukung CCTV dapat berfungsi dengan baik.

Perhatikan Selalu Pengaturan Rekamannya

Pengaturan rekaman juga penting diperhatikan, karena ini akan mempengaruhi kinerja CCTV. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengaturan rekaman adalah mode rekaman, ukuran rekaman yang disimpan, hasil rekaman, jangkauan dan lain-lain. Memperhatikan hal-hal tersebut akan membantu memaksimalkan kinerja CCTV kamu.

Cadangkan Hasil Rekaman

Tips merawat CCTV yang tak kalah penting adalah mencadangkan rekaman secara rutin, ini penting karena penyimpanan disk memiliki batas tertentu. Selain itu jangan lupa menyimpan hasil rekaman, hal ini dilakukan jika suatu saat membutuhkan hasil rekaman tersebut. Bila kamu punya waktu luang, kamu juga bisa menghapus hasil rekaman yang dirasa tidak terlalu penting.

Nah, gimana nih sahabat Lumba, sudah tahu kan cara merawat perangkat CCTV. Semoga tips ini bermanfaat bagi kalian semua ya.