Preloader
LumbaTech

Membangun Lingkungan Keamanan yang Terintegrasi dengan Produk Sistem Keamanan05 Jun 2023 18:29:42

Dengan meningkatnya kekhawatiran tentang keamanan, menjadi sangat penting untuk menerapkan langkah-langkah keamanan yang efektif tidak hanya pada tingkat individu tetapi juga pada tingkat lingkungan. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari pentingnya keamanan lingkungan dan bagaimana mengintegrasikannya dengan produk sistem keamanan.

Keamanan lingkungan berperan penting dalam mencegah kejahatan dan menjaga rasa aman di dalam lingkungan warga. Di Indonesia, kita mengenal sebuah sistem yang bernama Sistem Keamanan Lingkungan yang biasa disingkat dengan Siskamling. Definisi Siskamling menurut Pasal 1 angka 6 Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2007 Tentang Sistem Keamanan Lingkungan (Perkapolri 23/2007) adalah suatu kesatuan yang meliputi komponen-komponen yang saling bergantung dan berhubungan serta saling mempengaruhi, yang menghasilkan daya kemampuan untuk digunakan sebagai salah satu upaya untuk memenuhi tuntutan kebutuhan akan kondisi keamanan dan ketertiban di lingkungan.

Dengan adanya Siskamling akan menciptakan rasa aman pada lingkungan warga serta menanggulangi ancaman dan gangguan keamanan di lingkungannya dengan cara preemptive maupun preventif.

Untuk mendukung kegiatan Siskamling, para pemangku kebijakan dapat memasang produk produk sistem keamanan yang dapat diintegrasikan dengan kegiatan Siskamling. Terdapat beberapa cara untuk mengintegrasikan keamanan lingkungan dengan produk sistem keamanan. Berikut beberapa contohnya:

Menggunakan kamera CCTV

Kamera CCTV bisa menjadi cara yang paling terjangkau untuk mencegah kejahatan dan menangkap pelaku kejahatan. Kamera CCTV dapat dipasang di beberapa lokasi strategis di seluruh lingkungan, seperti di pintu masuk dan keluar, di area publik, dan di dekat rumah rumah. Penggunaan kamera CCTV berperan krusial dalam Siskamling untuk menyediakan rekaman video situasi lingkungan yang mana akan membantu pihak berwajib dalam melakukan penyelidikan saat terjadi tindakan kriminal di lingkungan tersebut.

Memasang sistem akses kontrol

Sistem akses kontrol dapat digunakan untuk mengontrol siapa saja yang masuk dan keluar lingkungan. Di Indonesia, sistem akses kontrol biasanya dipasang di daerah lingkungan perumahan kalangan atas. Sistem akses kontrol digunakan untuk mencegah akses masuk ke beberapa tempat atau untuk mencegah kendaraan yang tidak memiliki izin masuk dari memasuki lingkungan.

Gunakan sistem alarm

Sistem alarm dapat digunakan untuk memberi peringatan kepada warga apabila terjadi sesuatu, misalnya kebakaran, bencana alam, tindakan kriminal, dan lain lain.. Sistem alarm dapat dipasang di rumah dan di sebar di beberapa titik di area lingkungan, dan dapat terhubung ke command center.

Mengintegrasikan sistem keamanan lingkungan dengan produk sistem keamanan dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi semua warga. Berikut adalah beberapa tips untuk mengintegrasikan sistem keamanan lingkungan dengan produk sistem keamanan

1. Pilih produk sistem keamanan yang sesuai kebutuhan

Ketika memilih produk sistem keamanan, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan lingkungan. Misalnya, jika lingkungan berada di daerah dengan tingkat kejahatan tinggi, mungkin perlu memakai produk produk  yang lebih canggih, seperti kamera CCTV dengan resolusi tinggi dan sistem akses kontrol.

2. Libatkan semua warga

Program keamanan lingkungan yang paling efektif adalah yang melibatkan semua warga di dalam lingkungan. Libatkan warga dalam proses pengintegrasian sistem keamanan lingkungan dengan sistem keamanan. Selain itu, dorong warga untuk mendukung program sistem keamanan lingkungan, selalu waspada dengan lingkungan sekitar rumah dan melaporkan aktivitas yang mencurigakan kepada ketua RT/RW/atau aparat keamanan..

3. Memastikan sistem keamanan selalu up to date

Teknologi terus berubah, jadi penting untuk selalu memperbarui sistem keamanan lingkungan. Ini akan membantu untuk memastikan bahwa sistem keamanan efektif dalam menanggulangi kejahatan dan menjaga lingkungan tetap aman..

Mengintegrasikan sistem keamanan lingkungan dengan produk sistem keamanan menawarkan beberapa keuntungan. Pertama, pengintegrasian ini meningkatkan keamanan dan keselamatan seluruh warga serta menjadikan para pelaku kriminal berpikir ribuan kali sebelum melakukan aksinya di lingkungan tersebut. Kedua, hal ini memupuk rasa memiliki dan kerjasama antara warga karena mereka dilibatkan dalam pengintegrasian sistem keamanan lingkungan.. Terakhir, pengintegrasian ini akan mengefektifkan kegiatan Siskamling itu sendiri karena memiliki infrastruktur keamanan yang handal.

Lumbatech, sebagai penyedia sistem keamanan yang berpengalaman, telah menginstalasi sistem keamanan di beberapa tempat di seluruh Indonesia. Jika Sahabat Lumba ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk sistem keamanan terbaik untuk lingkungan warga, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tim marketing Lumbatech melalui WhatsApp di nomor 0811880901 atau 0811881901. Kami siap membantu dan memberikan solusi terbaik untuk keamanan lingkungan Sahabat Lumba.