Preloader
LumbaTech

Mengenal Produk Perangkat untuk Tingkatkan Keamanan Kendaraan di Area Parkir30 May 2023 10:33:55

Keamanan adalah salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam setiap lingkungan, termasuk juga area parkir. Banyak pemilik gedung, pusat perbelanjaan, dan fasilitas umum lainnya menghadapi tantangan dalam menjaga keamanan parkir mereka. Namun, dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang, kini ada solusi yang inovatif dan canggih untuk meningkatkan keamanan parkir. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa produk yang canggih dan efektif dalam meningkatkan keamanan parkir.

Keamanan Area Parkir Modern

Di era digital ini, teknologi telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan kita, termasuk keamanan parkir. Di Indonesia, teknologi ini diimplementasikan dalam wujud sistem perparkiran yang ke semua perangkat hardware dan software-nya saling terintegrasi satu sama lain. Berikut adalah penjelasan mengenai hardware dan software yang biasa digunakan dalam meningkatkan keamanan area parkir:

Hardware

1. Palang Parkir atau Barrier Gate

Palang Parkir atau Barrier Gate merupakan suatu perangkat yang fungsinya untuk menghentikan kendaraan yang akan masuk dan keluar dari area parkir. Perangkat ini sering ditemukan di area parkir tempat-tempat umum seperti perkantoran, ruko, hotel, mal, rumah sakit, bandara, stasiun, dan tempat lainnya yang memasang sistem perparkiran. Palang parkir sangat mudah dikenali karena berbentuk palang horizontal yang terletak di depan pintu masuk area parkir.

2. Ticket Dispenser atau Dispenser Tiket

Selain palang parkir, salah satu perangkat yang umumnya ditemui di area parkir adalah Ticket Dispenser. Perangkat ini berfungsi sebagai tempat bagi pengendara untuk mendapatkan tiket parkir. Ticket dispenser memiliki bentuk kotak persegi panjang dan dilengkapi dengan beberapa komponen di dalamnya, seperti Mini PC, controller, thermal printer, tombol tiket, tombol bantuan, speaker, slot RFID reader, dan stopkontak. Ticket dispenser terbuat dari bahan dengan durabilitas tinggi, sehingga dapat digunakan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Selain itu, ticket dispenser terintegrasi dengan barrier gate.

3. Loop Detector

Loop detector adalah perangkat sensor yang dipasang pada sebuah sistem parkir dengan fungsi mengendalikan palang parkir agar dapat menaikkan dan menurunkan palang secara otomatis dan memastikan kendaraan tidak tersangkut pada paang. Cara kerjanya adalah mendeteksi logam pada kendaraan, sehingga palang tidak akan menutup sebelum kendaraan tersebut melewati loop detector. Setelah kendaraan melewati loop detector, palang parkir akan secara otomatis menurunkan palangnya.

4. CCTV

CCTV adalah sebuah sistem yang terdiri dari berbagai kamera untuk merekam gambar dan/atau merekam video dari sebuah area yang spesifik. CCTV dalam sistem parkir digunakan untuk mengawasi area parkir, memantau, dan merekam segala aktivitas di area tersebut. CCTV juga digunakan untuk merekam plat nomor kendaraan yang digunakan untuk mengidentifikasi kendaraan yang keluar dan masuk ke area parkir. CCTV memungkinkan identifikasi terhadap kejadian yang mencurigakan, kejahatan, atau kegiatan yang tidak diinginkan.

5. Software Manajemen Parkir

Saat ini, pengelolaan tempat parkir diharapkan untuk bekerja secara profesional dan juga transparan. Cara untuk membantu pengelola tempat parkir mencapai kedua hal ini adalah dengan menggunakan perangkat lunak manajemen parkir.

Software Manajemen Parkir hadir sebagai solusi untuk pengelolaan parkir, di mana software ini akan terintegrasi dengan semua perangkat terpasang, sehingga memudahkan operasional sistem parkir di area tersebut. Selain itu, Software Manajemen Parkir memungkinkan pengelola untuk mengatur pendapatan parkir secara transparan. Software ini mencatat seluruh transaksi parkir secara detail, sehingga memudahkan pencatatan keuangan dan mengurangi risiko penggelapan uang parkir yang sering terjadi dalam pengelolaan parkir secara manual.

Lumbatech menyediakan berbagai perangkat yang dibutuhkan di dalam sistem parkir. Kami siap membantu Sahabat Lumba untuk konsultasi mengenai sistem parkir, produk-produk pendukung, dan implementasinya di lapangan. Hubungi kami melalui WhatsApp di nomor 0811880901 atau 0811881901. Lumbatech siap membantu dan memberikan solusi terbaik untuk keamanan kantor Sahabat Lumba.