Pengertian Smart Home05 Jul 2021 10:33:42

Halo sahabat Lumba

Kami menjual berbagai produk Smart Home dengan kualitas terpercaya dan harga yang bervariasi. Buat kalian yang ingin tahu apa itu smart home dan apa saja kelebihan serta kekurangannya, simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu smart home system?

Smart home atau rumah pintar dapat diartikan sebagai sistem pengelolaan rumah yang diintegrasikan dengan teknologi canggih sehingga seluruh perangkat dapat saling terhubung. Rumah pintar ini dimaksudkan agar rumah dan segala perlengkapannya mudah digunakan dan memberikan kenyamanan serta keamanan bagi para penghuninya. Ada banyak perlengkapan rumah yang dapat dioperasikan dengan rumah pintar ini. Diantaranya adalah sistem pencahayaan, pengatur suhu ruangan, sistem keamanan rumah, peralatan rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci, dll.

Kelebihan

1. Keamanan Terjamin               

Dengan smart home kamu dapat mengontrol dan mengawasi apapun yang terjadi di dalam rumah, bahkan Ketika kami tidak berada disana dengan menggunakan ponsel, tablet atau pun komputer. Sistem smart home dapat memberikan peringatan kepada pemilik rumah apabila terdapat hal-hal yang megganggu atau mencurigakan seperti dalam hal keamanan dalam pencurian, kebocoran gas dan sebagainya.

2. Kenyamanan

Smart home menjadikan hidup lebih praktis dan nyaman. Dengan smart home semua sistem dapat diotomatisasi dan diintegrasikan untuk memenuhi kebutuhan tertentu, misalnya menyalakan lampu rumah pada sore menjelang malam, atau mematikan pengatur suhu saat kita keluar rumah.

3. Aksebilitas

Smart home dapat menawarkan solusi hebat bagi penyandang cacat atau lansia karena dapat dilengkapi dengan fitur aksesibilitas seperti sistem perintah suara yang dapat mengunci pintu luar, kontrol lampu, dan bahkan mengoperasikan komputer.

Kekurangan

1. Investasi awal

Dibandingkan dengan rumah biasa, teknologi smart home membutuhkan investasi yang lebih tinggi saat awal pembangunan rumah.

2. Harus terkoneksi wifi

Jika Internet rumah down atau error, sebagian besar sistem dan perangkat pintar memiliki sejenis cadangan yang memungkinkan mereka tetap bekerja. Namun, tidak semua perangkat memilikinya yang berisiko rumah akan kehilangan fungsi canggih perangkat sampai konektivitas internet kembali normal.

3. Kompabilitas

Ada banyak produsen teknologi smart home, dan tidak semua produk kompatibel. Belum tentu semua perangkat pintar yang Anda beli bisa saling terhubung, Anda mungkin perlu seorang ahli untuk membuat sistem di mana semua perangkat bisa bekerja bersama-sama dengan lancar.

Beberapa rekomendasi produk smart home yang bisa kamu pilih yaitu Bardi, Fibaro, Jon Powel Arbit, Samsung dan Ezviz. Jika masih bingung memilih prouduk smart home yang sesuai dengan kebutuhan mu, kamu dapat langsung menghubungi Lumbatech.