Preloader
LumbaTech

Tips Menentukan Letak CCTV Dengan Tepat09 Jun 2021 13:58:57

Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan CCTV untuk mengawasi segala aktivitas yang terjadi di area sekitar mereka. Tidak  hanya di area perkantoran, pabrik atau tempat umum saja tetapi di area perumahan pun sudah mulai menggunakan CCTV demi menjamin keamanan keluarga tercinta. Agar CCTV ini berfungsi dengan baik dan tepat sasaran, kita perlu memperhatikan penempatannya. Berikut beberapa tips dalam menentukan lokasi penempatan CCTV.

1. Menentukan Apa Yang Ingin Dipantau

Tentukan dulu area mana yang ingin kalian pantau, apakah area di dalam atau di luar ruangan. Jika ingin memantau area di luar ruangan maka harus memilih kamera yang memang dibuat khusus untuk dipakai di luar ruangan.

2. Perhatikan Pencahayaan di Sekitar Area Kamera CCTV

Pencahayaan sangat mempengaruhi kualitas gambar CCTV. Tidak disarankan menempatkan CCTV terlalu dekat dengan lampu karena dapat mengakibatkan kualitas gambar yang dihasilkan oleh CCTV menjadi tidak jelas/blur akibat pencahayaan yang terlalu terang.

3. Perhatikan Posisi Penempatan Kamera CCTV

Posisi penempatan kamera CCTV merupakan hal yang penting. Janganlah meletakkan kamera CCTV terlalu rendah dari permukaan lantai dan jangan pula terlalu tinggi. CCTV juga bisa diletakan di area yang tersembunyi agar tidak mudah diketahui oleh pencuri atau orang lain yang berniat jahat.

4. Perhatikan Permukaan Dinding/Plafon Yang Akan Dipasang Kamera CCTV

pada saat sedang memasang kamera CCTV perhatikanlah permukaan sekitar dinding dan plafon yang akan kamu pasang kamera CCTV, harus rata setiap permukaanya ataupun arah CCTV yang ingin dipantau tidak ada benda yang menghalangi serta tidak boleh tertutup benda atau tembok yang menganggu pantaun CCTV.

Itulah beberapa tips menentukan letak CCTV dengan tepat, jika Sahabat Lumba masih bingung kalian bisa berkonsultasi langsung ke Lumbatech.