Perbedaan CCTV Analog dan IP Camera04 Jun 2021 11:46:03

CCTV merupakan salah satu alat pengaman yang banyak digunakan saat ini. Tidak hanya di lingkungan perkantoran atau tempat umum, namun di rumah pribadi pun sudah lazim menggunakan CCTV. Terdapat dua jenis CCTV yang biasa digunakan yaitu Analog dan IP Camera. Meskipun memiliki fungsi yang sama untuk merekam video, namun keduanya memiliki beberapa perbedaan. Kalian bisa simak penjelasan di bawah ini agar dapat memilih jenis CCTV yang sesuai dengan kebutuhan.

 CCTV Analog

CCTV Analog mengandalkan sinyal analog. CCTV analog akan mengconvert video dari bentuk analog ke bentuk digital. Proses ini akan membuat resolusi video yang ditampilkan menjadi lebih rendah. CCTV analog juga harus terhubung dengan Digital Video Recorder (DVR) melalui kabel sehingga CCTV analog tidak efisien jika digunakan untuk sebuah area yang luas karena akan membutuhkan banyak kabel. Selain itu CCTV analog juga memiliki sudut pandang yang terbatas sehingga perlu jumlah kamera yang banyak jika ingin digunakan di area yang luas. Namun dari segi harga CCTV analog lebih murah dari pada IP Camera. Selain itu CCTV analog juga memiliki konfigurasi peralatan serta setting yang lebih mudah di pelajari.

IP Camera

Berbeda dengan CCTV Analog, IP Camera mengandalkan jaringan internet untuk mengirim hasil rekamannya. IP Camera tidak memerlukan DVR namun membutuhkan alat bernama Switch yang akan dihubungkan dengan Network Video Recorder (NVR). Resolusi gambar pada IP Camera jauh lebih jelas dibandingkan dengan CCTV Analog. Selain itu instalasi kabel pada IP Camera lebih sedikit dan ringkas. Namun harga IP Camera lebih mahal dan pengaturannya lebih rumit.

Nah sudah tahu kan perbedaan dari kedua tipe CCTV ini. Jika Sahabat Lumba masih bingung memilih CCTV yang paling sesuai dengan kebutuhan, kalian bisa langsung menghubungi Lumbatech.