Preloader
LumbaTech

Mau Pasang Access Control? Ini Dia Tipsnya!15 Oct 2022 11:40:02

Access control dewasa ini sudah banyak digunakan di berbagai tempat seperti gedung perkantoran, apartemen, kondominium, sekolah, hingga tempat tempat umum lainnya. Beberapa alasan penting memasang access control adalah sebagai antisipasi dari tindak kejahatan serta keinginan untuk mengatur arus keluar masuk orang ke dalam suatu tempat. Memasang access control memiliki tujuan untuk melindungi orang orang di dalam sebuah tempat dan aset aset yang tersimpan di dalamnya.

 

Di era sekarang di mana teknologi sudah berkembang dan terus berkembang pesat membuat teknologi access control semakin lebih maju. Perangkat access control tidak hanya memiliki fungsi sebagai pengatur arus keluar masuk orang. Sekarang access control juga dilengkapi dengan fitur pendeteksi suhu, dapat terintegrasi dengan sistem absensi, dan lain sebagainya.

 

Nah, bagi Sahabat Lumba yang berminat untuk memasang access control, ada hal hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang. Berikut Lumbatech akan berbagi tipsnya.

 

Ketahui tujuan pemasangan access control

 

Sahabat Lumba wajib tahu apa tujuan Sahabat Lumba memasang sistem access control. Tujuan memasang sistem access control itu bisa bermacam macam. Apakah Sahabat Lumba ingin mengamankan aset yang bernilai tinggi, membatasi akses masuk dan keluar yang tidak sah, sebagai akses masuk keluar kantor yang terintegrasi dengan sistem absensi.

 

Mengapa wajib mengetahui tujuan memasang sistem access control? Agar Sahabat Lumba bisa mengetahui seperti apa sih gambaran ketika sistem access control berhasil dipasang, yang tentunya selaras dengan kebutuhan serta kondisi lapangan di mana sistem tersebut berada. Selain itu akan menghindarkan Sahabat Lumba dari mubazirnya sistem karena terdapat fitur yang tidak dapat dipergunakan secara maksimal.

 

Tipe kredensial

 

Tipe kredensial ini maksudnya adalah cara bagaimana membuka akses pada suatu sistem access control. Perangkat perangkat access control di pasaran memiliki beragam tipe kredensial tapi umumnya berupa kartu akses, kode PIN, biometrik (sidik jari, wajah, retina), bahkan baru baru ini telah hadir tipe kredensial yang menggunakan perangkat seluler.

 

Banyaknya pilihan perangkat access control yang berbeda, yang dapat membuat proses memilih mana yang tepat menjadi agak sulit. Namun, Sahabat Lumba tidak perlu memusingkan mana tipe kredensial yang tepat. Ini dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan keadaan tempat sistem access control itu dipasang. Sahabat Lumba dapat memilih salah satu dari proses autentikasi atau kombinasi dari semuanya tergantung pada tujuan sistem Sahabat Lumba.

 

Siapa yang memasang

 

Setelah Sahabat Lumba sudah tahu perangkat mana yang akan dipasang, satu hal yang perlu diperhatikan adalah siapa yang memasang. Sahabat Lumba mungkin ada yang tergoda memilih opsi memasang sendiri untuk menekan biaya. Itu hal yang tidak salah. Namun, Sahabat Lumba mesti mempertimbangkan satu hal bahwa sistem akses kontrol dapat berfungsi selama bertahun tahun apabila diinstal secara benar. Tentu ini akan menghindarkan Sahabat Lumba dari biaya biaya tambahan akibat kerusakan yang muncul dari pemasangan yang kurang sesuai dengan prosedur standar yang sudah ditetapkan.

 

Biaya yang dibutuhkan

 

Biaya adalah salah satu faktor yang mesti dipertimbangkan sebelum memasang sistem access control. Mengingat sistem access control merupakan sistem yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebagai perbandingan, Sahabat Lumba cukup mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah untuk mendapatkan kunci konvensional sekaligus instalasinya. Di sisi lain, memasang sistem akses kontrol memerlukan biaya berkisar dari jutaan sampai ratusan juta rupiah, tergantung pada ukuran, fitur yang dibawa, dan kebutuhan kebutuhan pendukung lainnya.

 

Walaupun demikian, sistem access control menawarkan kemudahan dan manfaat yang lebih daripada kunci konvensional seperti kemudahan menentukan siapa yang berhak masuk ke dalam ruangan tanpa perlu menugaskan penjaga di depan pintu. Itu sebabnya Sahabat Lumba harus memastikan manfaatnya sepadan dengan setiap rupiah yang Sahabat Lumba habiskan.

Biaya merupakan salah satu faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan sebelum memasang sistem access control.

 

Demikian artikel mengenai hal hal yang wajib diperhatikan saat ingin memasang access control. Semoga dapat membantu Sahabat Lumba yang ingin memasang access control. Lumbatech menjual berbagai perangkat access control dan bagi Sahabat Lumba yang memerlukan Informasi lebih lanjut mengenai produk maupun jasa pemasangan sistem access control, konsultasikan lebih lanjut dengan Hubungi tim Lumbatech | WA : 0811150901 / 0811880901.