Preloader
LumbaTech

Produk Sistem Keamanan asal China di Pasar Indonesia29 Sep 2022 09:38:57

Sahabat Lumba, Asia pada era saat ini sudah mulai menunjukkan taringnya dalam bidang teknologi di tingkat global khususnya Produk Sistem Keamanan. Berbeda dengan keadaan pada beberapa dekade belakangan yang mana sektor teknologi masih didominasi oleh produk dari Eropa dan Amerika. Produk Asia yang sebelumnya dianggap inferior dan dipandang rendah kini bisa mendominasi pasar global, tentunya dengan kualitas yang tidak bisa diremehkan lagi.

China adalah salah satu contohnya. Negara ini memang sedang mengejar tetangganya, Jepang dan Korea Selatan, dalam hal manufaktur produk teknologi. Sudah banyak produk China membanjiri pasar di berbagai negara di dunia salah satunya Indonesia termasuk untuk produk sistem keamanan.

Sebagaimana stigma produk asal negeri Panda, banyak masyarakat awam masih menganggap kualitas produk asal China tidak sebaik produk negara tetangganya, Jepang dan Korea Selatan. Ini tidak dapat dipungkiri bahwa dulunya produk China banyak yang berkualitas buruk. Namun, saat ini para produsen asal China sudah belajar dari masa lalu. Mereka mulai meningkatkan kualitas produknya dan beberapa brand telah menampilkan image yang sangat positif di mata masyarakat. 

Bagi beberapa produsen perangkat sistem keamanan asal China, kualitas adalah yang utama. Namun produsen perangkat sistem keamanan memang harus tetap jeli melihat kebutuhan pasar di segmen low end. Inilah yang membuat sebagian produsen pembuat jenama (brand) khusus untuk pasaran low end.

Apa saja produk sistem keamanan asal China yang selama ini sudah malang melintang di pasaran Indonesia?

Berbagai produk sistem keamanan asal China sudah dijual di berbagai tempat di Indonesia, baik di toko offline maupun di toko online. Barang barang tersebut bervariasi jenisnya, mulai dari kamera CCTV, kunci pintu pintar (smart door lock), pemindai sidik jari (fingerprint scanner), perangkat kontrol akses (access control), gate, dan lain sebagainya. Semuanya dijual dengan harga bervariatif tergantung merk dan kualitasnya.

Produsen produsen produk sistem keamanan yang menjual produknya di Indonesia juga banyak seperti:

ZKTeco

ZKTeco adalah perusahaan teknologi yang didirikan di Cina, yang mengkhususkan diri dalam verifikasi biometrik, keamanan fisik, dan teknologi kontrol akses. Ini menguraikan tiga industri inti tempat ia beroperasi sebagai Pemberdayaan Teknik Inti Biometrik, Pemberdayaan Platform Perangkat Lunak Masuk dan Keluar Cerdas (Orang/Mobil/Objek), serta Pemberdayaan Platform Cloud Kantor Cerdas ZKTeco+.

ZKTeco memproduksi berbagai peralatan sistem keamanan termasuk terminal access control, perangkat untuk memindai sidik jari, wajah, pembuluh darah dan retina, serta perangkat lunak digital untuk meningkatkan infrastruktur keamanan untuk penggunaan skala besar. Ini juga memproduksi peralatan pengawasan video, mesin sinar-X, detektor logam, dan pintu putar keamanan.

ZKTeco mempekerjakan sekitar 3.600 anggota staf secara global pada tahun 2021. Ini termasuk lebih dari 1.000 karyawan yang bekerja dalam penelitian dan pengembangan, serta 450 karyawan yang berbasis di cabang-cabang di luar negeri. Perusahaan ini memiliki 14 anak perusahaan aktif dan 29 cabang di Cina daratan, serta 38 anak perusahaan yang berbasis di Hong Kong, Makau, Taiwan, dan wilayah luar negeri lainnya.

EZVIZ

EZVIZ adalah merk dagang milik perusahaan asal tiongkok, Hangzhou EZVIZ Network Co, Ltd. EZVIZ mengembangkan platform cloud internet of things dan menyediakan layanan smart home dan security camera. Perusahaan ini memproduksi produk-produk rumah pintar seperti kamera rumah pintar, produk otomatisasi rumah, produk otomatisasi rumah, produk aksesori, dan menawarkan layanan platform cloud. Hangzhou EZVIZ Network Co, Ltd beroperasi dari kantor pusat berkedudukan di kota Hangzhou, Tiongkok.

Dahua

Zhejiang Dahua Technology Co., Ltd. atau sering disebut sebagai Dahua merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi produk sistem keamanan khususnya kamera pengawas (CCTV) dan layanan pendukungnya.

Produk, solusi, dan layanan Dahua telah digunakan di lebih 180 negara. Berkantor pusat di Hangzhou, Zhejiang, Republik Rakyat China dan memiliki lebih dari 18.000 karyawan yang tersebar di seluruh dunia. Dahua juga memiliki 58 anak usaha di seluruh dunia, meliputi Asia, Amerika, Eropa, Timur Tengah, Oseania, dan Afrika.

Hikvision

Hikvision adalah salah satu produsen produk dan solusi video pengawas terkemuka di dunia. Perusahaan ini mengkhususkan diri dalam desain, pengembangan, dan pembuatan kamera CCTV dan IP, DVR, NVR, dan produk keamanan dan pengawasan lainnya.

Produk Hikvision digunakan dalam berbagai penggunaan, seperti bank, bandara, gedung pemerintah, toko ritel, dan fasilitas manufaktur. Perusahaan ini memiliki global presence yang besar dan berkantor pusat di Hangzhou, Zhejiang, Republik Rakyat China.

Hikvision didirikan pada tahun 2001 dan telah berkembang menjadi salah satu produsen kamera CCTV dan IP terbesar di dunia. Perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 30.000 orang dan memiliki tim riset dan pengembangan yang kuat yang bertanggung jawab untuk mengembangkan produk keamanan yang inovatif. Hikvision adalah perusahaan publik dengan kapitalisasi pasar lebih dari $16,52 miliar.