Digital Lock VS Smart Lock02 Jun 2021 13:46:31

Smart Lock dan Digital Lock pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. Namun keduanya memiliki beberapa perbedaan. Simak penjelasan berikut agar kamu tidak salah memilih.

Digital Lock memiliki fungsi digital untuk mengautentikasi orang yang dapat membuka pintu. Diantaranya adalah dengan menyimpan beberapa data yang telah didaftarkan antara lain PIN, Kartu RFID dan Fingerprint.

Smart Lock memiliki semua fitur yang ada di Digital Lock, namun Smart Lock telah dilengkapi fitur yang memungkinkan untuk berkomunikasi dengan teknologi lain diantaranya adalah Smartphone dan Smart Home.

Untuk koneksi ke Smartphone, biasanya menggunakan bluetooth, karena bluetooth sangat efisien dan hemat daya. Bluetooth yang digunakan adalah minimal V4.0 yang sudah mendukung BLE (Bluetooth Low Energy)

Untuk koneksi ke Wifi, biasanya menggunakan wifi bridge untuk menjembatani bluetooth dan wifi di rumah. Untuk tujuan efisiensi, sebaiknya hindari menggunakan smartlock dengan fitur built-in wifi karena akan sangat boros daya.

Untuk koneksi ke smarthome, biasanya digunakan teknologi wireless terenkripsi, antara lain ZWave dan ZigBee. Sesuaikan kebutuhan dan kompatibilitas antara smartlock dan smarthome, agar dapat berinteraksi dan terintegrasi dengan baik.

Nah, sudah tahu kan apa berbedaan antara Smart Lock dan Digital Lock. Setelah ini Sahabat Lumba bisa dengan mudah memilih pintu yang sesuai dengan kebutuhan.